Jumlah Pemudik Melintasi Jalur Gentong Bakal Meningkat, Polisi telah Susun Skema

Jumlah Pemudik Melintasi Jalur Gentong Bakal Meningkat, Polisi telah Susun Skema

Ilustrasi arus mudik Jalur Gentong tahun 2022 lalu. -Istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Menjelang mudik Lebaran 2023, Satlantas Polres Tasikmalaya Kota mulai melakukan sejumlah persiapan. Seperti menyiapkan skema arus mudik karena diprediksi jumlah pemudik melintasi Jalur Gentong bakal meningkat.

"Jalur mudik di kita yang rawan memang Gentong. Tapi skema sudah kita siapkan sejak jauh hari," ujar Kasat Lantas Polres Tasikmalaya Kota AKP Tejo Reno Indratno, Jumat 07 April 2023.

"Skema kita perkiraan karena mungkin akan lebih banyak yang mudik dibanding tahun kemarin. Karena antusiasnya pasti tinggi tahun ini. Tasik ini salah satu perlintasan dan daerah tujuan," sambungnya.

Kasat Lantas menduga, jumlah pemudik yang melintasi Jalur Gentong bakal meningkat, seiring semakin melandainya pandemi Covid-19.

BACA JUGA:Ikut Kualifikasi Olimpiade Paris 2024, Ini Profil Kiper Persib Putri Shesilia Putri Desrina 

Sebagai antisipasi membeludaknya jumlah pemudik, Polres Tasikmalaya Kota telah menyiapkan sekema pengamanan untuk mudik Lebaran 2023. Mulai sarana dan prasarana termasuk kesehatan fisik anggota.

"Mulai dari pos yang jadi rest area dan terpadu sudah kita siapkan. Di Leter U Gentong juga sudah siap posnya. Untuk rapat lintas sektoral juga sudah dilakukan 2 minggu lalu," terangnya.


Suasana rapat persiapan mudik Lebaran 2023 di Mapolres Tasikmalaya Kota, Kamis 06 April 2023.-Istimewa-radartasik.disway.id

Sarana dan prasarana seperti jalan, titik-titik rawan kemacetan juga sudah diantisipasi.

"Lalu rekayasa lalin one way, buka tutup, maupun penutupan jalur, sudah kita skemakan juga. Tactical full game di tingkat kota maupun Polda juga sudah kita laksanakan," bebernya.

BACA JUGA:Orang Tua Mahasiswa STMIK Tasikmalaya Mulai Gregetan, Khawatir Anaknya Tertinggal Perkuliahan

Untuk kondisi fisik jalan perlintasan, tambah dia, mulai dari perbatasan Garut hingga Ciamis yaitu dari status Jalan Nasional ke Provinsi sudah mulus.

"Tinggal yang kita waspadai adalah perlintasan kereta api. Karena ada beberapa titik yang jalannya kurang bagus," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: