Bank Sampah Cikalang Mandiri Punya Nasabah Lintas RW Dikelola Ibu-Ibu Kader

Bank Sampah Cikalang Mandiri Punya Nasabah Lintas RW Dikelola Ibu-Ibu Kader

Sekretariat Bank Sampah Cikalang Mandiri-Foto:tina/radartasik.disway.id-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM -  Bank Sampah Cikalang Mandiri yang berdiri pada tahun 2021 Jalan Siliwangi belakang Kelurahan Cikalang Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya.

Kepengurusan bank sampah ini, terdiri dari Direktur Agus Suryana, Sekretaris Wiwin Wiana SP, Bendahara Kikit Suhayati dan sejumlah anggota yang disebut dengan nasabah.

Bank Sampah Cikalang Mandiri merupakan salah satu bank sampah yang dikelola oleh ibu-ibu. nasabahnya pun tidak hanya dari RW dan RT serempat saja, akan tetapi juga dari RW lain di luar lokasi bank sampah.

"Karena memmang pengurusnya juga berasal dari berbagai RW jadi nasabhnya juga dari RW lain ada. Pengelola kebanyakn ibu-ibu, biasanya kita kumpul kalau sudah ada penarikan atau yang setor sampah, untuk dipilah kembali,' tutur Agus ditemui di sekretariat bank sampah belum lama ini.

BACA JUGA:Bank Sampah Beriman Kolaborasi dengan Petani Bunga Matahari Manfaatkan Sampah Organik

Pengelolaan bank sampah oleh ibu-ibu kader, kata agus, sekaligus untuk memberikan edukasi dan sosialisasi akan pentingya memilah sampah mulai dari rumah masing-masing. 

"Pengumpulan sampah tiap hari juga bisa. Tapi yang rutin dan ramai pengumpulan itu adalah hari Sabtu, kita ambil atau ada yang setor sampah kemudian kita langsung pilah," jelasnya lagi.

Jumlah tabungan nasabah yang menyimpan di Bank Sampah Cikalang mandiri saat ini belum banyak, masih minim karena masih terus dilakukan sosialisasi dan edukasi.

"Kita juga belum ada inovasi seperti bank sampah lain, baru sampai pemilahan saja," tegasnya.

BACA JUGA:Belajar Bahasa Inggris Bayarnya Pakai Nabung Sampah di Bank Sampah Tugu Harapan

Melalui pemilahan ini, kata Agus diharapkan dapat mulai merubah perilaku masyarakat sekitar agar peduli terhadap lingkungan dan mau memilah sampah dari rumah masing-masing. 

"Paling yang telah kami lakukan di sini adalah mengolah sampah organik menjadi pupuk dan membuat eco enzim, karena beberapa kali ada pelatihan yang kami ikuti," tuturnya lagi.

Pengembangan lainnya adalah daur ulang sampah-sampah kemasan plastik seperti kemasan kopi untuk berbagai kerajinan yang barang-barangnya dapat dimanfaatkan kembali.

Lokasi Bank Sampah Cikalng Mandiri juga bergabung dengan Kelompok Wanita Tani sehingga lokasi yang berada di pekarang milik Agus ini begitu sejuk dan rimbun oleh berbagai macam tanaman. Baik tanaman obat, tanaman hias, juga beberapa tanaman lainnya. Bahkan agus juga mengolah beberapa limbah sampah untuk dijadikan pot bunga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: