Kira-Kira Jadi Apa SAMPAH yang Kita Hasilkan? Cek Yuk BARANG BERMANFAAT dari Sampah

Kira-Kira Jadi Apa SAMPAH yang Kita Hasilkan?  Cek Yuk BARANG BERMANFAAT dari Sampah

Sampah kardus dipilah di ban sampah di Kota Tasikmalaya.-foto: dokumen-

KOTA TASIK, RADARTSIK.COM - Tanpa disadari kita menghasilkan sampah setiap hari dari berbagai aktivitas yang kita lalukan. Bahkan kita tidak menyadari bila diri kita merupakan mahluk penghasil sampah.

Kira-kira jadi apa sampah yang kita hasilkan? Ternyata banyak barang bermanfaat dari sampah yang bisa kita hasilkan. Dikutip dari Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat, berikut berbagai macam sampah yang bisa diolah jadi barang bermanfaat:

1. Sampah Botol Plastik

Sampah botol plastik terurai ditanah membutuhkan waktu sangat lama 50-80 tahun. Untuk itu ada baiknya kita gunakan kembali botol-botol plastik atau keasan plastik untuk menjadi barang-barang bermanfaat seperti dibuat tempat sampah, celengan hingga berbagai hiasan untuk rumah.

BACA JUGA:Radja Nainggolan: “AS Roma atau Inter Milan? Hati saya akan selalu mengatakan Roma”

2. Sampah Kemasan Plastik

Banyak produk makanan yang kita konsumsi menggunakan kemasan plastik. Tidak hanya plastik kresek namun berbagai macam plastik lainnya. Bila diolah plastik-plastik tersebut bisa menjadi barang bermanfaat seperti tas belanja, hiasan bunga, pot bunga, juga berbagi barang lainnya. Daur ulang dari kemasan plastik juga bisa digunakan untuk aneka kerajinan tangan yang memiliki nilai jual.

3. Sampah Minyak Jelantah

Sekarang banyak orang yang mulai mencari minyak jelantah. Ternyata minyak jelantah dapat diolah untuk dibuat sabun, lilin aromaterapi dan biodiesel. minyak jelantah bila dibuang begitu saja bisa menutup pori-pori tanah sehingga dapat menyebabkan banjir dan menyumbat saluran air sebagi tempat berkembangnya bakteri.

BACA JUGA:TIPS Menyimpan Tanaman Hias di Dalam Rumah, Biar Bikin Udara Tetap Segar

4. Sampah Sisa Makanan

Sampah sisa makanan dapat diolah menjadi berbagai macam bentuk mulai dari kompos, pupuk, hingga kerajinan seperti lukisan dari kulit telur atau tas dari kulit jagung.

Begitu banyak manfaat dari sampah bila diolah dengan baik, yuk bantu pemerintah agar sampah tidak menggunung di tempat pembuangan akhir dengan cara dipilah dari rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: