KEREN! Jembatan Terpanjang di Tasik Jadi Destinasi Baru Bagi Warga

KEREN! Jembatan Terpanjang di Tasik Jadi Destinasi Baru Bagi Warga

Penampakan jembatan terpanjang di Tasik yang jadi destinasi baru bagi warga. Total panjang Jembatan Ciloseh mencapai 252 meter.-Foto: BBPJN DKI Jakarta - Jawa Barat-

BACA JUGA: Tol Terpanjang di Indonesia Akan Ada di Selatan Pulau Jawa, Simak Peta Jalurnya

Dimana, penggunaan unsur-unsur TKDN di setiap pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur ke-PU-an menjadi salah satu keharusan yang telah diamanahkan Menteri PUPR.

Dia menambahkan penting pula bahwa dalam penerapan pelaporan TKDN sebagai upaya peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan menyukseskan ekspor produk dalam negeri.

”Kami berharap informasi progres TKDN dapat dilaporkan setiap bulannya sesuai progres fisik yang tercapai,” ungkap Agung.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah IV Provinsi Jawa Barat Dedy Hariadi memberikan apresiasi atas hasil capaian kinerja tim di PPK 4.4 PJN Wilayah IV Provinsi Jawa Barat dalam menyelesaikan pembangunan Jembatan Ciloseh.

BACA JUGA: Tol Terpanjang di Indonesia Lintasi 8 Kabupaten Kota, Salah Satunya Daerah Anda?

Dia juga menerangkan manfaat dari Jembatan Ciloseh tersebut, dimana salah satunya adalah sebagai pengurai kemacetan bagi warga yang hendak bepergian ke luar kota dan menghindari kemacetan di pusat Kota Tasik.

Warga yang dari arah Lapangan Udara Kota Tasikmalaya dan mobilitas dari arah Tasik Selatan yang akan ke Ciamis atau Bandung tidak perlu lagi melewati pusat Kota Tasikmalaya yang rentan terjadi kemacetan di pusat kota.

”Selain itu, terdapat beberapa UMKM di area Leuwianyar yang sangat terbantu dalam proses komoditasnya dengan adanya jalan dan jembatan baru ini, sehingga mempermudah dalam pengangkutan dan pengiriman produk UMKM tersebut,” ujar Dedy.

Manajer Ruas/PPK 4.4 PJN Wilayah IV Provinsi Jawa Barat Marnala R Chandra yang diamanahkan mengawal langsung pembangunan Jembatan Ciloseh memberikan gambaran teknis struktur dari jembatan tersebut.

BACA JUGA: Tol Terpanjang di Indonesia Akan Dibangun Tahun 2023? Lewati Batuan Gunung yang Rawan Longsoran

Jembatan ini memiliki 2 pilar dengan balok cantilever, dimana proses pengecoran (cor insitu) dan stressing balok tersebut dilaksanakan langsung di lokasi.

Salah satu pilar, tepatnya di pilar 2 (P2) memiliki ketinggian mencapai 13,5 meter. ”Kedua pilar ini yang dalam tahap pelaksanaannya memerlukan ekstra tenaga arena berbeda dengan pilar-pilar lainnya,” ungkap dia.

Chandra juga bersyukur dengan telah selesainya jembatan serta penugasan pengawasan pekerjaan Jembatan Ciloseh tersebut, masyarakat dapat terbantu kelancaran mobilisasinya, ekonominya meningkat serta yang terpenting adalah kemauan menjaga aset berharga tersebut.

”Harapan kami dengan adanya jembatan baru ini, masyarakat sekitar dapat menjaga kebersihan dan memelihara area jalan dan jembatan, dimana utamanya tidak membangun warung-warung liar di sisi jalan dan jembatan,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: