Tol Terpanjang di Indonesia Akan Dibangun Tahun 2023? Lewati Batuan Gunung yang Rawan Longsoran

Tol Terpanjang di Indonesia Akan Dibangun Tahun 2023? Lewati Batuan Gunung yang Rawan Longsoran

Ilustrasi Jalan Tol Getaci yang merupakan tol terpanjang di Indonesia akan dibangun tahun 2023 dengan melewati batuan gunung yang rawan longsoran.-Dok. BPJT-

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Ada kabar terbaru terkait pembangunan Jalan Tol Getaci (GedebageTasikmalayaCilacap).

Kabar paling anyar, Tol Getaci yang merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia akan dibangun tahun 2023.

Tol Getaci bakal melintasi dua provinsi di Pulau Jawa. Provinsi Jawa Barat sepanjang 171,40 km. Provinsi Jawa Tengah sepanjang 35,25 km.

Jadi, total panjang Tol Getaci 206,65 km dan menjadikan jalan tol ini sebagai ruas jalan tol terpanjang di Indonesia.

BACA JUGA: Tol Getaci Akan Terkoneksi dengan Tol Cisumdawu, Perjalanan Tasik-Bandara Kertajati Makin Singkat

Tol ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden No. 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Dilansir laman resmi BPJT, Tol Getaci terdiri dari 4 seksi yakni Seksi 1 Junction Gedebage – Garut Utara sepanjang 45,20 km. Seksi 2 Garut Utara – Tasikmalaya sepanjang 50,32 km.

Seksi 3 Tasikmalaya – Patimuan sepanjang 76,78 km. Sedangkan Seksi 4 Patimuan – Cilacap sepanjang 34,35 km.

Pembangunan jalan tol dengan nilai investasi Rp56 triliun ini akan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama Gedebage – Tasikmalaya. Tahap kedua Tasikmalaya – Cilacap.

BACA JUGA: TOL MACITA, Usulan Tol Baru Majalengka – Ciamis – Tasik, Dukung Kawasan Metropolitan Rebana

Tol ini akan memiliki 9 buah simpang susun dan 1 buah junction, yaitu junction Gedebage yang akan terkoneksi dengan Jalan Tol Padaleunyi (Padalarang – Cileunyi). 

Jalan tol ini akan memiliki 2x2 lajur dengan lebar lajur 3,6 meter serta akan dibangun dengan desain struktur at grade sepanjang 175,27 km, struktur elevated sepanjang 22,26 km dan pile slab sepanjang 9,12 km.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pernah mengingatkan dalam pelaksanaan pembangunan Tol Getaci cepat is a must but not sufficient.

Dia berharap tetap menjaga kaidah-kaidah lingkungan hidup agar tidak merusak bukit-bukit yang ada dan menghindari memotong pohon yang tidak perlu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: