Program Nyukcruk Lembur Ala Koramil Cigalontang, Kades: Merasakan TNI Hadir Bersama Rakyat

Program Nyukcruk Lembur Ala Koramil Cigalontang, Kades: Merasakan TNI Hadir Bersama Rakyat

Kapten Inf Adi. J, Danramil 1213/Cigalontang Kodim 0612 Tasikmalaya saat penanaman pohon di Desa Digalontang.-Istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COMProgram Nyukcruk Lembur mendapat apresiasi dari masyarakat di Wilayah Desa Cigalontang, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya.  

Beragam kegiatan dalam program Nyukcruk Lembur ini digalakan Koramil 1213/Cigalontang, Kodim 0612 Tasikmalaya. 

Anggota TNI dalam tiap bulan meluangkan waktu masuk ke desa-desa di wilayah Koramil Cigalontang. Program Nyukcruk Lembur bisa diartikan blusukan itu, teknisnya menjalin silaturami antara anggota TNI dari Koramil dengan masyarakat.

Dalam komunikasi sosial ini, masyarakat pada akhirnya tidak sungkan menyampaikan harapan dan keingiinan. Khususnya memajukan desa.

BACA JUGA:Tuntut UMK Jawa Barat 2023 Naik, Buruh Lakukan Demo di Kantor Disnakertrans Jabar 

Sebagai contoh, Desa Cigalontang, sebagai desa rawan longsor menjadi bahasan utama. Lewat jalinan komunikasi ini, aparat dari Koramil Cigalontang kemudian bersama masyarakat  dan aparat desa melakukan penyisiran.

“Alhamdulillah, akhirnya kami melakukan penanaman pohon di beberapa titik. Daerah kami ini rawan longsor. Jalan antardesa, sering tertutupi material tanah. Sehingga di titik-titik rawan longsor ini, kami bersama Koramil menanam pohon,” ungkap Kepala Desa Cigalontang Deni Nugraha Sip.


Kapten Inf Adi. J, Danramil 1213/Cigalontang Kodim 0612 Tasikmalaya memberikan bantuan sembako kepada warga jompo dan kurang mampu.-Istimewa-radartasik.disway.id

Deni menganggap, kehadiran TNI khususnya anggota Koramil Cigalontang benar-benar dirasakan.

“Merasakan TNI hadir bersama rakyat. Kami sangat terbantu. Saat longsor saja, anggota koramil malam hari mau nganggut material tanah. Justru kami dan masyarakat akhirnya tergugah, sehingga kami bergotong royong,” ulasnya.

BACA JUGA:Pesan Sekda Kota Tasik, Sikap Netralitas Pegawai Harga Mati     

Deni mengaku banyak mendapatkan ilmu tentang kondisi tanah di wilayahnya. “Dari Pak Danramil diberi tahu ciri-ciri tanah, kontur mana yang rawan dan titik mana yang harus menjadi fokus perhatian dalam mengantisipasi bencana longsor,” bebernya.   

“Termasuk Pak Danramil dan anggotanya sampai nginap di pemukiman warga. Mulai perbaikan jalan, Masjid dan banyak hal. Kami sangat terbantu dan berterimakasih,” sebut dia lagi.

Sementara Kapten Inf Adi. J, Danramil 1213/Cigalontang Kodim 0612 Tasikmalaya menyampaikan, kegiatan dalam program Nyukcruk Lembur sejalan dengan program Kodim 0612 Tasikmalaya dan pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: