4 Desa di Sukaratu Tasikmalaya Terendam Banjir Akibat Tanggul Sungai Cibanjaran Jebol

4 Desa di Sukaratu Tasikmalaya Terendam Banjir Akibat Tanggul Sungai Cibanjaran Jebol

Anggota Polsek Sukaratu dan warga saat berada di lokasi banjir, Senin 03 Oktober 2022 sore. -Istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Curah hujan tinggi menyebabkan bencana banjir dari luapan sungai menggenangi 4 desa di Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Senin 03 Oktober 2022 sore.

Kapolsek Sukaratu, Polres Tasikmalaya Kota, Iptu Mahmud Darmana SH membenarkan adanya informasi bencana alam tersebut. Kata dia, sekitar jam 17.00 WIB air mulai merendam 4 desa di wilayahnya.

"Ya benar kang. Tadi jam 17.00 WIB ada bencana alam berupa banjir yang diakibatkan hujan deras secara terus-menerus," paparnya. 

"Yang banyak terendam area pesawahan. Banjir ini dari Sungai Cibanjaran akibat tanggul yang jebol dan meluapnya debit air Sungai Ciloseh," sambungnya.

BACA JUGA:Debit Air Sungai Ciloseh Tasikmalaya Mulai Naik, 6 Rumah Kebanjiran di Dua Lokasi Berbeda

BACA JUGA:Penyesuaian Harga BBM Dorong Inflasi Indeks Harga Konsumen September 2022

Menurutnya, 4 desa yang terendam air adalah Desa Linggajati, Tawangbanteng, Sinagar dan Sukagalih.

"Dalam kejadian bencana alam berupa banjir tersebut tidak ada korban jiwa, hanya mengakibatkan kerugian materi saja," terangnya.


Anggota Polsek Sukaratu dan warga saat berada di lokasi banjir, Senin 03 Oktober 2022 sore. -Istimewa-radartasik.disway.id

Menurut dia, banjir di Desa Linggajati terjadi di Kampung Ciponyo. Banjir akibat luapan air Sungai Cibanjaran  karena hujan deras dan tanggul sungai yang jebol.

Sedangkan di Desa Tawangbanteng yang terdampak kebanjiran adalah rumah Oon, di Kampung Ciponyo, RT 002 RW 020, diakibatkan luapan aliran Sungai Cibanjaran. Luapan air banjir masuk ke sebagian teras rumah.

BACA JUGA:Ini Alasan Partai Nasdem Pilih Anies Baswedan sebagai Capres 2024, Surya Paloh: Kami Sepemikiran

BACA JUGA:Lokasi Operasi Zebra Lodaya 2022 Tasikmalaya, di Mana Hari Ini?

Sementara itu di Desa Sinagar banjir akibat luapan air Sungai Cibanjaran. Tanggul sungai jebol dan air meluap ke Jalan Cibanjaran, tetapi tidak menutupi akses jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: