Dosen Bersama Mahasiswi Poltekkes Siapkan Pendamping untuk Kurangi Risiko Nyeri Saat Persalinan

Dosen Bersama Mahasiswi Poltekkes Siapkan Pendamping untuk Kurangi Risiko Nyeri Saat Persalinan

Dosen bersama mahasiswi Jurusan Kebidanan Poltekkes Tasikmalaya melaksanakan pengabdian masyarakat di Kelurahan Mulyasari Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya.-Istimewa-

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Dosen bersama mahasiswi Jurusan Kebidanan Poltekkes TASIKMALAYA melaksanakan pengabdian masyarakat di Kelurahan Mulyasari Kecamatan Tamansari Kota TASIKMALAYA.

Pengabdian masyarakat kali ini mengusung tema ”Pemberdayaan Pendamping Persalinan untuk Pain Relief dalam Kelas Ibu Hamil di Era Pandemi”.

Ketua Pelaksana Program Pengabdian Masyarakat Dr Hj Yati Budiarti, SST, M.Keb menjelaskan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada tanggal 9 Juli, 10 September dan 17 September 2022.

Dr Yati mengatakan pemberdayaan pendamping persalinan ini merupakan rangkaian salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk mempersiapkan pendamping persalinan, dalam hal ini suami ataupun keluarga, dalam hal manajemen nyeri selama proses persalinan.

BACA JUGA: Dosen Poltekkes Tasikmalaya Bentuk Kader Sehat Jiwa

Sehingga, nanti pada saat proses persalinan tiba, para pendamping persalinan ini tahu apa yang harus dilakukan untuk mengurangi nyeri yang biasanya dirasakan ibu-ibu bersalin.

”Sehingga nanti ibu-ibu bersalin pun merasa lebih nyaman dan juga merasa lebih tenang. Seperti itu,” kata Dr Yati diampingi Dita Eka Mardiani, SST, M.Keb sebagai anggota Pelaksana Program Pengabdian Masyarakat.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan sebelumnya, menurut dia, para pendamping persalinan ini terkadang tidak tahu apa yang harus dilakukan pada saat proses pendampingan persalinan. ”Bingung apa yang harus dilakukan,” tegasnya.

Karena itu, samung dia, tim dari Poltekkes hadir untuk memberdayakan para suami dan keluarga dalam proses pendampingan persalinan ini, dalam hal upaya pengurangan nyeri.

BACA JUGA: Dosen Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Punya Strategi Peningkatan Protokol Kesehatan Pedagang Pasar Cikurubuk

Dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat, Poltekkes pun bekerja sama dengan pihak Kelurahan Mulyasari Kecamatan Tamansari, bidan kelurahan dan tim kader.

Secara terpisah, Lurah Mulyasari Kecamatan Tamansari Kota Tasikmaaya Aep Saepulloh menyatakan terima kasih kepada Tim Dosen dan mahasiswi Politeknik Kesehatan Tasikmalaya.

”Kami atas nama Lurah Mulyasari mengapresiasi yang setinggi-tingginya kegiatan ini. Karena kegiatan ini merupakan suatu materi yang sangat sepesial dan banyak manfaatnya terutama bagi calon bapak dan ibu baru, begitu juga bagi ibu-ibu yang telah beberapa kali hamil,” katanya.

Bagi ibu-ibu, sambung dia, melahirkan merupakan suatu fase yang sangat ditakuti karena ada beberapa alasan di antaranya melahirkan itu sakitnya yang sangat luar biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: