Infrastruktur Jalan di Jabar Selatan Masih Tertinggal, Wabup Tasik Upayakan Konsultasi ke Bappenas

Infrastruktur Jalan di Jabar Selatan Masih Tertinggal, Wabup Tasik Upayakan Konsultasi ke Bappenas

Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin (CNY) saat ditemui beberapa waktu lalu. Kini, Pemkab Tasikmalaya berkonsultasi ke Bappenas soal dana untuk pembangunan infrastruktur yang tidak ada lagi di menu DAK. Foto: ujang nandar / radartasik.com--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM — Sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya terus berupaya agar Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan anggaran untuk pembangunan infrastruktur jalan.  

Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin (CNY) menyatakan pihaknya saat ini tengah berkonsultasi dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) berkaitan tidak adanya Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Tasikmalaya. 

"Itu sudah kita konsultasikan dengan Bapenas karena Bapenas ini ngurusnya nasional tidak melihat kabupaten/kota, tapi melihatnya provinsi," ujar Cecep Nurul Yakin, Kamis, 26 Agustus 2022. 

BACA JUGA: Waduh, 6.243 Balita di Kota Tasik Stunting, Dewan Akan Panggil Dinas-Dinas Terkait

Kabupaten Tasikmalaya tidak mendapatkan DAK untuk infrastruktur jalan karena secara umum infrastruktur jalan di Provinsi Jawa Barat dalam kondisi baik atau di atas 70 persen. 

"Untuk Jawa Barat bagian selatan sesungguhnya tertinggal, walaupun sebenarnya Presiden sudah menghadiahi Perpers 87 tentang Percepatan Rebana dan Jabar Selatan," jelas CNY.

Melihat itu, Kabupaten Tasikmalaya, yang berada di dalam Jabar Selatan, terus berupaya agar pemerintah pusat memberikan anggaran khusus untuk pembangunan infrastruktur jalan.

BACA JUGA: Harga BBM Naik, Jumlah Warga Miskin juga Akan Bertambah, Efeknya Sangat Terasa oleh Kaum Ekonomi Lemah

"Pembahasan khusus ini untuk Jabar Selatan karena punya Perpres 87 itu. Tapi itu bukan kewenagan kita, ikhtiar kita menyampaikan," ujar CNY.

Melihat sulitnya mendapatkan anggaran infrastruktur dari pemerintah pusat, Wakil Bupati meminta setiap dinas-dinas dan badan di Kabupaten Tasikmalaya agar serius bekerja.

BACA JUGA: Temukan Ular King Cobra Sepanjang 4 Meter, Warga Tidak Berani Menangkapnya, Pilih Laporan ke Petugas Damkar

Jangan sampai, kata CNY, program kegiatan di dinas dan badan di bawah Pemkab Tasikmalaya dilambat-lambatkan. 

Untuk mamastikan semuanya berjakan pihaknya akan terus memantau semua program terutama yang ada di Dinas PU. 

"Apalagi konon kabarnya ada kegiatan yang tidak bisa diserap karena  lambat lelang, ada yang nyanggah dan lainnya," ujar CNY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: