Wali Kota: Selama Proses Rekonstruksi, Kawasan HZ Mustofa dan Cihideung Harus Steril dari PKL

Wali Kota: Selama Proses Rekonstruksi, Kawasan HZ Mustofa dan Cihideung Harus Steril dari PKL

Yusuf menceritakan pada pelaksana­annya,  Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Tasikmalaya di Jalan HZ telah mengeruk lajur sebelah kiri dari Taman Kota. Box culvert telah tertanam di beberapa titik tersebut.

Namun, di titik pengerjaan ia pun mengaku sempat kaget. Sebab, di bawah Jalan HZ Mustofa ternyata ada aliran su­ngai yang puluhan tahun tertutup aspal ja­lan. Saat pe­­nger­ja­an se­mi pedes­tri­an baru ke­­tahu­an ada ja­­lur sungai ter­sebut.

“Selama ini ketika digali ba­ru ketahuan ada itu (aliran sungai di Jalan HZ, Red). Yah bahwa yang mem­bangun pertokoan di jalur itu malah mempersempit dan tak punya izin (mem­bangun toko di bawah sungai),” paparnya.

Tidak hanya itu, beberapa waktu lalu dinas juga menemukan ada kabel utilitas yang mengganjal sampah di drainase HZ Mustofa. Itu baru ketahuan saat saluran lama digali pekerja.

“Ketahuannya ketika digali, bangunan mereka ini menimbulkan terjadinya penyempitan saluran aliran sungai. Sehingga terjadi berbagai genangan air ketika hujan di jalur itu,” analisisnya.

Pada briefing setiap Senin pagi di bale kota, ia sudah membahas hal tersebut bersama para kepala dinas. Menindaklanjuti temuan-temuan di lapangan, ketika proyek pedestrian mulai digarap.

“Itu sedang kita rumuskan ya. Ya penting beres semuanya. Mereka yang tak berizin bangunannya ya ha­rus ada izin­nya,” un­g­­kap Yu­suf. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: