KPK Kembali Tegaskan Mahalnya Biaya Politik Berimbas Masifnya Praktik Korupsi

KPK Kembali Tegaskan Mahalnya Biaya Politik Berimbas Masifnya Praktik Korupsi

Oleh sebab itu, Alex meminta agar penyelenggara pemilu, yaitu KPU, Bawaslu dan DKPP lebih kuat menegakkan hukum agar praktik politik uang dalam Pemilu bisa dicegah untuk menekan biaya politik yang tinggi.

“Saya kira KPU, Bawaslu, perlu lebih keras lagi menegakkan hukum. Selain itu, kalau kita menghendaki Pemilu kita berintegritas dan berkualitas, ada 3 syarat, yaitu penyelenggaranya berintegritas, calonnya berintegritas, dan pemilihnya harus berintegritas,” ungkap Alex.

PAKU Integritas merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh KPK dalam melakukan pencegahan korupsi di lingkungan pemerintahan dalam hal ini penyelenggara Pemilu. Sehingga terselenggara Pemilu yang berintegritas dan berkualitas.

BACA JUGA:Giliran Brigjen Hendra Kurniawan dan Kompol Budi Herdi Dicopot, Polri Setuju Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J

Alex mengutarakan, kegiatan penguatan nilai integritas ini bertujuan untuk mengingatkan kembali penyelenggara Pemilu agar tidak melakukan korupsi. Sebab, penyelenggaraan Pemilu rentan terjadi korupsi.

“Dari statistik penindakan korupsi, bahkan awal-awal KPK berdiri, OTT pertama ke penyelenggara Pemilu, itu bukan hal yang patut dibanggakan tapi harus menjadi pembelajaran agar jangan sampai terulang kembali,” pungkas Alexander.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawapos.com