Usai Direvitalisasi, Pasar Pancasila Jabar Juara Tak Lagi Kumuh, Nyaman Dipakai Belanja

Usai Direvitalisasi, Pasar Pancasila Jabar Juara Tak Lagi Kumuh, Nyaman Dipakai Belanja

Radartasik, TASIKMALAYA – Usai direvitalisasi, Pasar Pancasila Kota Tasikmalaya kini nyaman karena bersih.

Pedagang dan pembeli di Pasar Pancasila juga merasakan kenyamanan saat berbelanja.

Pembeli tidak perlu khawatir merasa tak nyaman saat belanja di pasar tradisional ini. Karena, kini telah jauh dari kesan becek saat belanja.

Pasar tersebut setelah direvitalisasi dan diresmikan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum dan Wamen Perdagangan RI Januari 2022. Pasar tersebut kini punya tampilan layaknya pasar modern.

Dulunya, Pasar Pancasila dikenal kumuh. Apalagi ketika hujan turun membuat lingkungan yang becek tampak membuat masyarakat yang belanja kurang nyaman. 

Revitalisasi Pasar Pancasila sebagai Pasar Jabar Juara sebagai salah satu upaya pemerintah memulihkan ekonomi nasional.

Pasar Pancasila kini bangunannya dua lantai dan telah diisi ratusan pedagang.

"Alhamdulillah jadi tambah ramai. Selain pelanggan tetap, pelanggan baru pun pada berdatangan. Karena lokasi pasar menjadi bersih," ujar Abdul Hasan (24), pedagang klontongan di Kios A-05 Pasar Pancasila, Rabu (29/06/2022).

Hal serupa diungkapkan Asri Nurani (30), ibu rumah tangga warga Lengkongsari, Kecamatan Tawang yang sedang berbelanja sayuran di Pasar Pancasila. Kata dia, pasar tersebut kini menjadi bersih dan lebih tertata.

"Dulu kalau belanja ke sini becek dan kotor. Sekarang bersih, lantainya di keramik. Belanja pun jadi lebih nyaman dan seperti ke mall," paparnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Industri dan Perdagangan Kota Tasikmalaya, Tedi Setiadi menuturkan, total kios dan los sebelum direvitalisasi berjumlah 309. Kini bertambah menjadi 334 kios dan los pedagang.

"Dulu sebelum direvitalisasi kumuh, bau dan tak tertata rapi. Kini telah berubah. Tentunya masih perlu berbagai evaluasi. Mengingat pembangunannya masih rahap pertama," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: