Pekerja Tambang Emas Ilegal di Sungai Kapuas Kocar-kacir, Cukongnya Kini Diburu Polisi

Pekerja Tambang Emas Ilegal di Sungai Kapuas Kocar-kacir, Cukongnya Kini Diburu Polisi

Radartasik, JAKARTA – Belasan mesin dan lanting milik para pemodal penambangan emas di Sungai Kapuas disita petugas Polsek Mukok, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Demikian juga para cukong alias pemodal penambangan emas tanpa izin ini tengah diburu petugas karena menyebabkan pencemaran lingkungan.

"Saat ini ada belasan mesin dan lanting (alat untuk peti di sungai) yang kami sita hasil operasi penertiban di sepanjang Sungai Kapuas," kata Kapolsek Mukok Ipda Suharyanto, Minggu, 19 Juni 2022.

Dia menjelaskan ada belasan mesin "dompeng" dan lanting yang saat ini disita sebagai barang-bukti dalam Operasi Penertiban Peti di wilayah hukum Polsek Mukok.

"Kuat dugaan aktivitas peti di Sungai Kapuas didanai para cukong. Saat kami melakukan penertiban, para pekerja melarikan diri, sementara sarana untuk aktivitas ilegal ditinggalkan," ungkapnya.

Menurut dia, operasi penertiban peti digelar di Desa Inggis, Kecamatan Mukok, Kabupaten Sanggau.

"Dampak aktivitas peti merusak lingkungan karena Sungai Kapuas tercemar sehingga sangat mengganggu aktivitas masyarakat sekitar dan hilir Sungai Kapuas," ujarnya.

Sementara aktivitas nelayan maupun para penambak ikan di sepanjang Sungai Kapuas sangat dirugikan oleh pencemaran Sungai Kapuas.

"Langkah selanjutnya, sarana berupa lanting untuk aktivitas peti akan kami musnahkan agar tidak digunakan lagi untuk kegiatan ilegal tersebut," katanya.

Suharyanto mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas ilegal tersebut karena berdampak merusak lingkungan. (fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: