Mudik Lebaran 2022: Ini Titik Kemacetan di Jalur Selatan, Kemenub Bakal Lakukan Ini

Mudik Lebaran 2022: Ini Titik Kemacetan di Jalur Selatan, Kemenub Bakal Lakukan Ini

Radartasik, BANJAR – Menjelang musim mudik Lebaran 2022, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Djoko Sasono meninjau jaringan infrastruktur jalan dari Jakarta hingga Banjar, Selasa, 19 April 2022.

Dilansir laman dephub.go.id, Djoko Sasono menyatakan jaringan infrastruktur jalan dari Jakarta hingga Banjar terpantau baik.

”Hari ini kami melakukan perjalanan dari Jakarta saat ini kami sudah sampai di Banjar Patroman. Kami melihat jaringan jalan sudah bagus,” ujar dia seperti dikutip radartasik.disway.id, Rabu, 20 April 2022.

Namun, Djoko Sasono menyebut terdapat titik pasar tumpah yang harus diwaspadai karena berpotensi menimbulkan kemacetan, yaitu Pasar Limbangan dan Pasar Malangbong di Kabupaten Garut.

BACA JUGA:Hujan Tadi Sore, 6 Bencana Alam Hantam Tamansari Kota Tasikmalaya

BACA JUGA:Waduh! Hotman Paris Tantang Ketua Umum Peradi Otto Hasibuan Duel di Atas Ring Tinju

”Pasti kita temukan ada beberapa kegiatan yang mungkin saja nanti perlu dilakukan langkah-langkah untuk meminimalkan dampaknya terhadap gangguan lalu lintas jadi ada pasar tumpah dan segala macam tadi kita temukan,” kata dia.

Pada peninjauan kali ini, pihaknya mendokumentasikan video perjalanan dari Jakarta hingga Banjar, Jawa Barat. Pihkanya akan mengevaluasi titik-titik yang akan berpotensi rawan kemacetan.

Sementara Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IX Denny Michels Adlan mengungkapkan di titik yang berpotensi terjadi kemacetan seperti Pasar Limbangan, pihaknya akan melakukan sejumlah strategi.

”Di Pasar Limbangan, rencana akan dilakukan kanalisasi berupa pemasangan water barrier dan traffic cone untuk sterilisasi angkot ngetem dan untuk tempat penyeberangan masyarakat khusus atau zebra cross kemudian tergantung situasi akan diberlakukan one way sepenggal,” ujarnya.

BACA JUGA:Pemudik Pilih Jalan Darat, 17 Juta Pakai Motor, 23 Juta Pakai Mobil

BACA JUGA:Satgas Gakkum Incar Para Penjual Miras di Kota Banjar

Dia juga mengimbau agar para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi dapat menggunakan jalur alternatif menuju Sumedang via Wado. Namun, dia menegaskan jalur ini tidak disarankan bagi kendaraan besar seperti bus atau truk.

Kemenhub telah mencatat sejumlah jalur alternatif mudik Lebaran 2022 dari Bandung hingga Tasikmalaya.

Alternatif pertama, yaitu Cileunyi – Solokan Jeruk – Alun-Alun Majalaya – Simpang 3 Cijapati – Rancasalak – Kadungora – Lingkar Leles – Cibatu – Pasar Bandrek – Malangbong – Tasikmalaya.

Alterntif kedua adalah Cileunyi – Jatinangor (Via Tol Exit Ppamulihan) – Parakan Muncang – Cicalengka – Simpang 3 Cijapati.

BACA JUGA:KPK Ingatkan Pejabat Tolak Pemberian Gratifikasi Bertopeng Bingkisan Lebaran

BACA JUGA:Alhamdulillah, Ini Tanggal dan Jumlah Kloter Pertama Haji Indonesia

Alterntif ketiga yakni Cileunyi – Pamulihan – Leuwigoong – Sumedang.

Sedangkan alternatif keempat yaitu Cileunyi – Pamulihan – Wado – Tasikmalaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: