Puluhan Juta Pemudik Akan Pakai Jalur Darat, Tapi di Pantura 14 Ribu Titik Masih Tanpa PJU, Waduh…

Puluhan Juta Pemudik Akan Pakai Jalur Darat, Tapi di Pantura 14 Ribu Titik Masih Tanpa PJU, Waduh…

Radartasik, CIREBON – Puluhan juta pemudik akan menggunakan jalur darat, namun jalur mudik, baik utara maupun selatan Jawa masih kekurangan penerangan jalan umum (PJU). 

Kepala Bidang Prasarana Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon, Hilman Firmansyah mengatakan, saat ini PJU tersebar di 13 ribu titik. Idealnya masih perlu 14 ribu lagi.

“Sekarang 13 ribu titik. Idealnya 14 ribu titik lagi yang belum dipasang. Kalau yang sudah terpasang, pasti terang,” katanya, kepada Radar Cirebon.

Dishub, kata Hilman Firmansyah, sudah berusaha maksimal melakukan perbaikan PJU di lokasi yang masih menjadi tanggung jawabnya.

Misalnya PJU di Jalur Palimanan sampai dengan Kedawung. Di lokasi ini sudah menyala dengan baik.

 

Jalur Pantura Cirebon Butuh Belasan Ribu PJU

 

Sementara di jalur nasional, banyak yang belum menyala. Misalnya di wilayah timur Kabupaten Cirebon.

“Untuk di wilayah timur Cirebon kita masih koordinasi. Walaupun itu bukan kewenangan kita, tapi tetap kita upayakan,” tuturnya.

Hilman Firmansyah menambahkan, kendala dalam perbaikan dan pemasangan PJU adalah terlalu jomplangnya antara usulan dengan realisasi. Baik kepada pemerintah pusat, maupun provinsi.

Ia berharap, pihak pusat maupun provinsi memberikan bantuan, maupun material untuk memperbaiki PJU yang rusak.

“Tahun lalu sudah mengajukan, namun belum terealisasi, kita masi bersabar. Mudah-mudahan di tahun depan bisa terealisasi. Kita sudah mengajukan material untuk perbaikan PJU. Kalau ada material, kita siap membantu provinsi dan nasional.”

“Kita siapkan SDM nya. Lima mobil PJU kita juga sudah siap semua,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Radar Cirebon