Olahraga Ringan Aman Bagi Penderita Diabetes

Olahraga Ringan Aman Bagi Penderita Diabetes

Latihan beban membangun massa otot, penting bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2. Jika Anda kehilangan massa otot, kamu akan lebih sulit mempertahankan gula darah.

Rencanakan latihan ketahanan atau latihan beban setidaknya dua kali seminggu sebagai bagian dari rencana pengelolaan diabetes Anda.

4. Yoga

Seperti taichi, penelitian menunjukkan bahwa jika Anda menderita diabetes, yoga bisa membantu mengurangi stres dan mengelola kondisi tersebut, menurut ulasan yang diterbitkan pada September 2018 di Endocrinology and Metabolism.

Ketika tingkat stres semakin tinggi, begitu juga kadar gula darah Anda. Salah satu keuntungan yoga sebagai olahraga ialah Anda bisa melakukannya sesering yang kamu suka.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Maret 2017 di Journal of Physical Activity & Health menyimpulkan bahwa olahraga membantu mengurangi gejala depresi pada orang dewasa dengan diabetes tipe 2.

5. Berenang

Berenang adalah latihan aerobik lain dan ideal untuk penderita diabetes tipe 2 karena tidak memberi tekanan pada persendian Anda. Didorong oleh air tidak terlalu membuat stres pada tubuh Anda dibandingkan dengan berjalan atau jogging.

Diabetes tipe 2 bisa menyebabkan komplikasi kaki, termasuk neuropati, kata American Diabetes Association. Karena neuropati bisa menyebabkan hilangnya rasa pada kaki, Anda bisa membeli sepatu air untuk melindungi kaki di kolam renang. (fny/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: