Olahraga Ringan Aman Bagi Penderita Diabetes

Olahraga Ringan Aman Bagi Penderita Diabetes

Radartasik, JAKARTA – Penyakit diabetes timbul karena kadar gula darah meningkat. Kadar gula darah yang meningkat ini bisa disebabkan beberapa hal. Mulai dari faktor keturunan hingga sering mengonsumsi makanan manis.

Saat ini penyakit diabetes menyerang banyak orang. Jika penderita diabetes ingin mencoba menurunkan gula darah, mereka coba melakukan beberapa jenis olahraga ringan ini.

Penderita diabetes harus mencoba melakukan olahraga ringan beberapa kali dalam seminggu agar gula darah mereka selalu stabil. Berikut penjelasannya seperti dikutip laman Everydayhealth.

https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/living-with/great-exercises-for-people-with-diabetes/?fbclid=IwAR3fpsCPLp1HOdDzf6JXcbAqJUfqkqyBlYiF06MtOnr_hyTrwEKRW-yNXFM.

1. Jalan cepat

Jika Anda tidak memiliki rutinitas olahraga, mulailah dengan berjalan kaki. Berjalan mungkin salah satu kegiatan yang paling dianjurkan untuk penderita diabetes tipe 2 untuk menurunkan gula darah mereka. 

Jalan cepat yang bisa meningkatkan detak jantung dianggap sebagai latihan intensitas sedang, menurut Harvard TH Chan School of Public Health.

Berjalan lebih cepat 30 menit per hari lima hari per minggu akan membantu Anda mencapai tujuan yang direkomendasikan 150 menit latihan intensitas sedang. 

2. Tai Chi

Tai chi adalah tradisi Tiongkok kuno. Peserta mengalir melalui serangkaian gerakan yang dilakukan dengan lambat dan santai bersama dengan pernapasan dalam, menurut Mayo Clinic.

Sebuah meta-analisis dari 14 studi, yang diterbitkan pada Juli 2018 di Journal of Diabetes Research, menyimpulkan bahwa tai chi adalah cara yang efektif bagi penderita diabetes tipe 2 untuk mengelola kadar glukosa darah dan A1C mereka.

Tai chi sangat ideal untuk penderita diabetes karena memberikan kebugaran dan pengurangan stres dalam waktu singkat.

Tai chi juga meningkatkan keseimbangan dan bisa mengurangi kerusakan saraf atau neuropati, yang merupakan komplikasi umum di antara penderita diabetes yang gula darahnya tidak dikelola dengan baik.

3. Latihan beban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: