Cara Perawatan Sepeda Motor Saat Musim Hujan Agar Tetap Optimal

Cara Perawatan Sepeda Motor Saat Musim Hujan Agar Tetap Optimal

Cara perawatan sepeda motor saat musim jujan agar tetap optimal.-DAM-

Jika sepeda motor menggunakan penggerak rantai, bagian ini akan sangat rentan terhadap karat. 

Frekuensi terkena cipratan air hujan yang cukup sering membuat rantai mudah kehilangan pelumas, sehingga munculnya karat di berbagai tempat.

Jika rutin membersihkan sepeda motor, jangan lupa untuk membersihkan rantai dan memberikan pelumas kembali agar rantai bisa bekerja secara optimal.

Jika rantai terasa kendor, kamu bisa langsung mengencangkannya untuk meminimalkan risiko putusnya rantai saat berkendara.

Memeriksa Kembang Ban dan Tekanan Angin pada Ban

Kondisi jalanan yang basah membuatnya licin dan rentan terjadi kecelakaan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekan apakah grip pada ban masih baik.

BACA JUGA: Dengan Spek Gahar Nokia X50 Pro 5G 2024 Layar yang Sudah AMOLED Dilengkapi Kamera 144MP Harganya Cuma Segini

BACA JUGA: 10 Tips Sehat Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan, Nomor 3 Sering Diabaikan, Ayo Simak Baik-Baik Ya

Jika kembang ban sudah mulai halus, segera ganti untuk menghindari kecelakaan akibat terpeleset saat berkendara.

Periksa tekanan angin pada ban secara rutin karena saat musim hujan banyak lubang di jalanan yang tertutupi oleh genangan.

Jika tanpa sengaja menerobos genangan tersebut dan ban sepeda motor tidak dalam kondisi baik, maka rentan terjadi kebocoran.

Mengecek Busi & Tutup / Kop Busi

Busi adalah salah satu bagian terpenting dalam sebuah kendaraan bermotor dan sering disebut-sebut sebagai jantungnya sepeda motor karena proses pengapian pertama kali terjadi di sini.

Saat musim hujan seperti sekarang, banyak kendaraan mogok di tengah jalan karena bagian pengapian terkena air, terutama jika kamu sering menerjang genangan. Hal ini dapat membuat busi sepeda motor terendam air.

Untuk menghindari kendaraan mogok di tengah jalan, pastikan karet sil pada kop/tutup busi dalam kondisi baik (tidak retak atau mengeras) agar air dan kotoran tidak masuk ke dalam busi, menjaga busi tetap kering dan proses pengapian tetap lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: