Ternyata Ini Fungsi End Cap Muffler Sepeda Motor, Bukan Sekadar Aksesoris

Ternyata Ini Fungsi End Cap Muffler Sepeda Motor, Bukan Sekadar Aksesoris

Fungsi end cap muffler sepeda motor bukan sekadar aksesoris.-PT DAM-

RADARTASIK.COM - Knalpot, yang juga dikenal sebagai exhaust atau muffler, merupakan salah satu komponen vital pada sepeda motor.

Fungsi knalpot bukan hanya untuk meredam suara tetapi juga sebagai penyaring gas buang hasil pembakaran dan penambah performa serta estetika motor.

Biasanya, knalpot terletak di sisi kanan sepeda motor, meskipun ada beberapa model yang menempatkannya di bawah jok atau di sisi belakang, seperti pada motor cross.

Terlepas dari posisinya, knalpot memiliki fungsi yang sama dan wajib terpasang saat berkendara. Tanpa knalpot, suara mesin akan sangat bising dan mengganggu pengendara lain serta lingkungan sekitar.

BACA JUGA: Info Transfer Liga 1 Hari Ini PSIS Rekrut 2 Pemain Timnas, Dewa Rekrut Reva Adi, Ze Valente Bertahan di Persik

Knalpot terdiri dari beberapa bagian penting, antara lain header knalpot yang terhubung ke mesin, pipa knalpot yang pada beberapa model dilengkapi dengan catalytic converter untuk menyaring gas buang berbahaya, silencer untuk meredam suara dan end cap muffler di bagian ujungnya.

Apa fungsi end cap muffler? Apakah hanya aksesoris atau memiliki fungsi penting? Ternyata, end cap muffler memiliki beberapa peran penting.

Mari kita lihat lebih detail mengenai fungsi end cap muffler sepeda motor.

1. Pelindung dari Benturan

End cap muffler berfungsi utama sebagai pelindung ujung knalpot. Pada beberapa model, bagian ini memiliki pipa kecil untuk mengeluarkan gas buang yang rentan terhadap benturan.

Benturan dapat mengganggu proses pembakaran mesin dan menyebabkan kerusakan. End cap muffler melindungi ujung knalpot serta menandai bagian tersebut.

2. Pelindung Panas

Seperti cover knalpot yang melindungi silencer dari radiasi panas, end cap muffler melindungi pengendara dari panas yang dihasilkan oleh knalpot.

BACA JUGA: Makin Ketat, Penawaran Harga Jersey Persib Milik Bek Spanyol Tembus Rp 15,9 Juta, Sudah Ada 17 Tawaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: