Ternyata, Salopa Terbanyak Produksi Durian Lokal Tasikmalaya Disusul Cikatomas dan Jatiwaras

Ternyata, Salopa Terbanyak Produksi Durian Lokal Tasikmalaya Disusul Cikatomas dan Jatiwaras

Durian lokal Tasikmalaya. ujang nandar / radartasik.com--

Ternyata, Salopa Terbanyak Produksi Durian Lokal Tasikmalaya Disusul Cikatomas dan Jatiwaras

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Ada tiga Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya menjadi sentra buah durian lokal. Ketiganya buah durian lokal Tasikmalaya tersebut berada di Kecamatan Jatiwaras, Salopa dan Cikatomas.

Dari ketiga Kecamatan tersebut ternyata Salopa menjadi salah satu sentra paling banyak produksi buah durian lokal Tasikmalaya.

Salopa memproduksi 7000 ton lebih durian lokal Tasikmalaya, disusul oleh Cikatomas 3000 ton dan Jatiwaras sebanyak 2000 ton. 

BACA JUGA:Harga Emas Antam dan UBS Tanggal 6 Februari 2024 di Pegadaian

Hal itu diungkapkan Kabid Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tasikmalaya, Ida Hindasah kepada radartasik.com.

"Untuk Sukaraja sebanyak 1,2 ton. Parungponteng 1,1 ton. Wilayah itu memang saat ini cukup banyak seiring dengan tingginya keinginan masyarat yang menanam pohon durian," paparnya, Selasa 6 Februari 2024.

Pada dasarnya, kata dia, buah durian lokal Tasikmalaya sendiri tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. 

Namun secara data yang tidak ada duriannya yakni Kecamatan Sukahening. Kalapun ada jumlahnya tidak banyak dan hanya dikonsumsi sendiri tidak diperjualbelikan.

BACA JUGA:Survei Kegiatan Usaha dan Sentimen Bisnis UMKM BRI: Tahun 2024 Prospek Masih Bagus, UMKM Tetap Ekspansif 

"Yang paling sedikit yakni di Kecamatan Ciawi hanya 0,50 ton dan 1,55 ton Rajapolah, 2,72 ton Padakembang. Memang daerah-daerah tersebut kebanyakan mengembangkan sayuran," terang Ida.

Dari data tersebut, Dinas Pertanian optimis bahwa durian lokal di Kabupaten Tasikmalaya akan terus berkembang dari segi jumlah pohon dan hasil panen buahnya. 

"Saat ini masyarakat sudah banyak yang berkeinginan pengembangan pohon durian itu. Hal itu dibuktikan dengan sudah banyaknya petani yang menanam pohon durian, saat ini yang paling luas itu yakni 25 hektare di Pasir Salam Kecamatan Tanjungjaya," tambahnya.

Melihat hal itu, prediksi dia 3 sampai 4 tahun ke depan bawah Kabupaten Tasikmalaya ini akan menjadi sentara durian berbagai jenis. Selain durian lokal Tasikmalaya juga ada jenis lainnya seperti, Bawor, Musang King, Montong dan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: