Apa Keunggulan Tanker Gas Raksasa Baru Pertamina Selain Berukuran 2 Kali Lapang Bola?

Apa Keunggulan Tanker Gas Raksasa Baru Pertamina Selain Berukuran 2 Kali Lapang Bola?

Ini keunggulan tanker gas raksasa baru Pertamina selain berukuran 2 kali lapang bola.-Pertamina-

Kapal tanker baru Pertamina juga telah memenuhi syarat untuk berlayar di kancah internasional, sehingga bisa memperluas ekspansi market di pasar global untuk mengharumkan nama Indonesia.

CEO PIS Yoki Firnandi menyatakan PIS selaku Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML) dari Pertamina memiliki peran penting dalam menjamin distribusi energi nasional di Indonesia yang merupakan negara kepulauan, dimana hampir dua per tiga wilayahnya merupakan lautan.

BACA JUGA: Belum Banyak yang Tahu! Ini Spot Terbaik untuk Menikmati Keindahan Pantai Madasari Pangandaran, Ini Lokasinya

Dia menambahkan PIS memang berencana terus menambah armada tanker untuk pengangkutan LPG maupun komoditas gas lainnya.

Yoki mengatakan PIS berencana menambah 6 VLGC di tahun 2024, dimulai dengan dua VLGC di awal tahun yang nantinya bisa memperkuat posisi PIS di bisnis angkutan LPG dunia.

Pembelian tanker baru yang merupakan kapal ramah lingkungan ini juga sejalan dengan misi Pertamina menjadi perusahaan maritim logistik yang mendukung bisnis energi hijau.

Keunggulan VLGC sebagai kapal ramah lingkungan antara lain karena memiliki tangki dual fuel yang memungkinkan kapal untuk mengoptimalkan bahan bakar bersulfur rendah dan gas.

BACA JUGA: Singgung Juventus, Ini Tanggapan Curva Nord Atas Tuduhan Inter Milan Dibantu Wasit Saat Kalahkan Verona

Kapal ini juga tidak hanya bisa mengangkut gas atau LPG tetapi juga bisa mengangkut komoditas petrokimia seperti amonia.

Teknologi terkini yang dimiliki kapal VLGC Pertamina Gas Tulip dan VLGC Pertamina Gas Bergenia disebut bisa meningkatkan kecepatan kapal dengan penggunaan bahan bakar lebih efisien hingga 16%.

Tidak hanya itu, kapal ini telah memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Augmented Reality (AR) dalam operasionalnya.

Nama Tulip dan Bergenia dipilih karena dua bunga tersebut memiliki arti istimewa baik bagi PIS maupun BGN. Dimana Bunga Tulip melambangkan kemegahan sementara Bunga Bergenia melambangkan kekuatan.

BACA JUGA: GEBRAKAN Bojan Hodak di Persib Serupa Paul Munster di Persebaya Jelang Lanjutan Liga 1, Keren Coach!

Dengan penambahan kapal baru ini, PIS kini memiliki 97 armada dengan 61 kapal tanker beroperasi di rute internasional. ”Kami optimistis jumlah ini bisa terus bertambah ke depannya, sesuai dengan target perusahaan,” ujar Yoki.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyampaikan dua tanker baru ini akan semakin menunjang kinerja dan menjadi penetrasi bisnis Pertamina, khususnya PIS. Kehadiran armada ini juga akan memperluas pasar PIS di bisnis pengangkutan energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: