Musim Hujan Dimulai, BPBD Kabupaten Garut Siapkan Langkah-langkah Antisipasi

Musim Hujan Dimulai, BPBD Kabupaten Garut Siapkan Langkah-langkah Antisipasi

Kalak BPBD Garut, Aah Anwar Saepulloh. agi sugiana / radar tasikmalaya--

Musim Hujan Dimulai, BPBD Kabupaten Garut Siapkan Langkah-langkah Antisipasi

GARUT, RADARTASIK.COM - Musim penghujan nampaknya kini sudah mulai terjadi di Kabupaten Garut. Hal itu ditandai dengan seringnya turun hujan dengan intensitas sedang yang sewaktu-waktu bisa saja menjadi tinggi.

Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang akan terjadi saat musim hujan kali ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut terus gencar melakukan langkah-langkah antisipasi.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Garut, Aah Anwar Saepulloh mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan stekholder terkait.

BACA JUGA:TKD Amin Klaim Kemenangan Pilpres 2024 di Kabupaten Tasikmalaya Mendekati 100 Persen

"Kita sudah beberapa kali melakulan pertemuan bersama dengan SKPD dan melakukan konsolidasi khusus di tingkat eksekutif," katanya, Kamis 7 Desember 2023.

Selain itu, pihaknya juga akan mengadakan pertemuan pentahelix bersama dengan masyarakat dan para relawan kebencanaan, menyangkut ketersediaan sumber daya manusia di mana terjadi kedaruratan bencana.

Ia juga menerangkan akan melakukan apel untuk mengecek berkiatan dengan kesiapan logistik. "Kita nanti akan apel berkaitan dengan kesiapan logistik," terangnya.

Sampai saat ini, tambah Aah, semua daerah di Kabupaten Garut masih menjadi perhatian pihaknya karena curha hujannya cukup merata.

BACA JUGA:Bluetooth Speaker Aktif Karaoke Polytron yang Turun Harga Desember 2023, Begini Spesfikasi Lengkapnya

Ia juga menjelaskan pihaknya sudah melakulan asesmen terhadap beberapa lokasi yang memang ada pergerakan tanah atau longsor.

"Kita tajamkan pemetaan mengenaik titik titik yang memang secara statistik itu rutin terjadi bencana," jelasnya.

Hujan yang mengguyur Kabupaten Garut dari akhir November ini telah menimbulkan beberapa dampak salah satunya TPT jalan di banjar wangi yang amblas. "Sudah tapi masih lokal tidak ada korban jika maupun harta," katanya.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan dinas PU dan provinsi untuk menyiapkan alat berat di beberapa wilayah di kabupaten Garut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: