Belasan Pendaki Sempat Tersesat di Gunung Cikuray Kabupaten Garut

Belasan Pendaki Sempat Tersesat di Gunung Cikuray Kabupaten Garut

Para pendaki yang tersesat di Gunung cikuray, Kabupaten Garut ditemukan, kemarin Senin 27 November 2023. Istimewa--

Belasan Pendaki Sempat Tersesat di Gunung Cikuray Kabupaten Garut

GARUT, RADARTASIK.COM - Sebelas pendaki komunitas pencinta alam yang dikabarkan tersesat saat di Gunung Cikuray, Kabupaten Garut, berhasil ditemukan masyarakat dan Polsek Banjarwangi.

Kapolsek Banjarwangi, Iptu Amirudin Latif mengatakan, kejadian tersesatnya 11 pendaki ini bermulai saat mereka memulai pendakian ke Gunung Cikuray pada Minggu 26 November 2023 sekitar pukul 09.00.

Para pendaki ini sempat melewati Jalur Cilawu yang direncakankan lintas hutan sampai ke Kecamatan Cikajang.

BACA JUGA:Diskon Tiket Kereta Api Berlaku untuk Tiga Kelas, Simak Jadwal dan Cara Pembeliannya

Namun para pendaki itu tersesat ke wilayah Banjarwangi, atau jarak yang cukup jauh sehingga mereka sempat bermalam di hutan dengan kondisi cuaca hujan. "Komunitas pendaki tersebut sempat bermalam di hutan karena hujan lebat," terangnya.

Setelah mendapatkan laporan dari Polsek Garut Kota bahwa ada pendaki yang tersesat, pihaknya langsung menghubungi setiap kades yang berbatasan dengan Cilawu.

"Akhirnya terdeteksi di wilayah Kampung Bungbulang, Desa Padahurip, Kecamatan Banjarwangi," tambahnya.

Sebelas pendaki yang tersesat itu terdiri dari tujuh laki-laki dan empat perempuan. "Biasanya jalan pagi, pulang paling jam 19.00. Ini enggak pulang, di telpon sama keluarganya tak aktif jadi ramai di kota," tandasnya.

BACA JUGA:Bupati Jeje Akan Undang Presidium Pemekaran Pangandaran Terkait Pinjaman Rp 350 Miliar

Seluruh pendaki tersebut bisa keluar hutan setelah bertemu dengan warga. Lalu diberi tahu jalan pintas, hingga bisa sampai ke daerah Banjarwangi.

Saat dievakuasi, tukas dia, kondisi para pendaki dalam keadaan sehat. "Alhamdulillah sehat semuanya, hanya banyak pacet yang nempel di badan karena jalur yang lembab dan hujan," tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: