Ganjar Rutin Menginap di Rumah Warga, yang Membedakan dengan Pemimpin Lain

Ganjar Rutin Menginap di Rumah Warga, yang Membedakan dengan Pemimpin Lain

Ganjar Pranowo saat menginap di rumah warga. Istimewa--

BACA JUGA:Prediksi Rilisnya Nokia Lumia Max 2023 Spesifikasi HP Gahar yang Dinantikan

Kedatangan mantan Gubernur Jawa Tengah itu pun sangat dinanti-nantikan warga setempat. Bahkan mereka tak percaya dan merasa seperti mendapat keberuntungan karena dikunjungi calon presiden Ganjar Pranowo. 

"Pak Ganjar, Pak Ganjar benar-benar datang. Wah top tenan ini. Wah seperti ketiban pulung, kampung kami didatangi Pak Ganjar," teriak warga sumringah sambil berebut menyalami Ganjar dan meminta foto bersama.

Selanjutnya, Ganjar bergeser ke Sumatera Selatan, capres kelahiran Karanganyar Jawa Tengah itu lantas menginap di rumah warga bernama Tambah Sutrisni di Desa Trikoyo, Musi Rawas.

"Wah saya sampe nangis, nggak percaya Pak Ganjar mau menginap di rumah saya. Seperti ngimpi saja rasanya. Beliau itu idola saya, biasanya hanya lihat di Instagram, malam ini datang dan mau tidur bareng keluarga saya. Seperti mimpi, bener nggak nyangka," tambahnya.

BACA JUGA:Sabun Penghilang Flek Hitam di Indomaret Solusi Ampuh untuk Wajah Bersinar di Usia 40 Tahun

Berikutnya, Ganjar menginap di rumah warga di Desa Tanjung Alam, Kecamatan Sei Sadap, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Di sana, Ganjar menginap di rumah pasangan Sumadi dan Mariem.

"Suatu kebanggaan bagi kami dan keluarga. Karena kalau nyapu, mamak itu sering ngomong sapu yang bersih, nanti pak presiden mau datang. Alhamdulillah doa itu dikabulkan Allah," kata Nurmayanti anak pemilik rumah tempat Ganjar menginap. 

Menginap di rumah warga memang sudah menjadi kebiasaan Ganjar Pranowo sejak periode pertama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. 

Kebiasaan ini dilakukan Ganjar sepekan sekali di hampir 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Sambil menginap, Ganjar memanfaatkan momentum untuk mendengarkan aspirasi dari masyarakat dan memberikan solusi. 

BACA JUGA:Spesifikasi Xiaomi 13 Lite Desain Elegan dengan Chipset Snapdragon 7 Gen 1, Segini Harganya

Misalnya saat Ganjar menginap di Desa Mertasari RT 5 RW 5 Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara pertengahan 2023. Usaik mengecek pelaksanaan bantuan keuangan provinsi di daerah tersebut, Ganjar menginap di rumah warga. 

"Rasanya bangga dan senang sekali, saya petani tidak tahu apa-apa, Pak Ganjar kok mau nginep di rumah saya. Saya rasanya bangga, walau saya orang kecil, kok seorang Gubernur mau nginap di rumah saya," kata Ahmad Sumardi, pemilik rumah yang diinapi Ganjar.

Biasanya, ada beberapa ritual kegiatan yang dilakukan Ganjar saat "Live In" atau menginap di rumah warga. Di antaranya diskusi bersama warga yang dikemas dalam acara bertajuk "Ngopi Bareng Gubernur". Di kegiatan itu, Ganjar mengajak warga berdialog tanpa ada jarak.

Kemudian keesokan harinya, Ganjar melakukan rutinitas olahraga pagi bersama warga. Warga pun selalu antusias mengikuti setiap kegiatan, ketika Ganjar mengunjungi dan menginap di desa mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: