Kalau Tol Getaci Beres Dibangun, Kota Tasikmalaya dan Daerah yang Terlintasi Harus Mempersiapkan Apa Saja?

Kalau Tol Getaci Beres Dibangun, Kota Tasikmalaya dan Daerah yang Terlintasi Harus Mempersiapkan Apa Saja?

Suasana FGD Arah Kebijakan Pembangunan Daerah Pasca Pembangunan Jalan Tol Getaci di Kantor Bank Indonesia Tasikmalaya, Kamis 2 November 2023. rezza rizaldi / radartasik.com--

BACA JUGA:Daftar Harga Pertamax di Pertashop di Seluruh Indonesia Setelah Harga BBM Non Subsidi Turun

Diantaranya adalah penataan infrastruktur dasar seperti penataan parkir, sumber air bersih, sampah dan lainnya. Sebab di kota negara maju sudah muncul creative distric. 

"Nah ini di Jakarta juga sudah muncul. Kota Tasikmalaya bisa mengadopsi itu. Karena kondisi lahan terbatas, tak punya wisata alam dan lain sebagainya. Hal itu bisa diadopsi di sini," cetusnya.

Sedangkan Kepala Perwakilan BI Tasikmalaya, Aswin Kosotali menandaskan, keberadaan jalan tol memiliki risiko terhadap perekonomian daerah apabila tidak mempersiapkan dengan baik.

Risiko itu diantaranya pembangunan jalan tol menimbulkan isu lingkungan, terjadi perubahan pola aktivitas penduduk, terjadi perubahan tata ruang akibat perencanaan yang tidak diatur dengan baik dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Pakai Pepatah Bersatu Kita Teguh, Arrigo Sacchi Percaya AC Milan Bisa Raih Scudetto

"FGD ini diharapkan mampu mendorong sinergitas dari semua pihak di Priangan Timur agar Tol Getaci yang akan mulai dibangun pada 2024 dapat dioptimalkan sebaik mungkin untuk mendukung kemajuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat di Pringan Timur," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: