Kalau Tol Getaci Beres Dibangun, Kota Tasikmalaya dan Daerah yang Terlintasi Harus Mempersiapkan Apa Saja?

Kalau Tol Getaci Beres Dibangun, Kota Tasikmalaya dan Daerah yang Terlintasi Harus Mempersiapkan Apa Saja?

Suasana FGD Arah Kebijakan Pembangunan Daerah Pasca Pembangunan Jalan Tol Getaci di Kantor Bank Indonesia Tasikmalaya, Kamis 2 November 2023. rezza rizaldi / radartasik.com--

Kalau Tol Getaci Beres Dibangun, Kota Tasikmalaya dan Daerah yang Terlintasi Harus Mempersiapkan Apa Saja?

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Pengerjaan Proyek Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) hingga kini masih dalam tahap proses pembebasan lahan di Kabupaten Garut.

Beberapa daerah yang terlintasi tol tersebut seperti Kota Tasikmalaya dan sekitarnya, disarankan mulai melakukan berbagai persiapan. 

Tujuannya agar ketika jalur bebas hambatan itu tuntas dikerjakaan, daerah yang terlintasi Tol Getaci semakin maju perekonomiannya.

BACA JUGA:Striker Lokal Diprediksi Merapat ke Persib, Jadi Pelapis David da Silva, Penasaran Siapa Ya

Hal itu terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) Arah Kebijakan Pembangunan Daerah Pasca Pembangunan Jalan Tol Getaci, Kantor Bank Indonesia Tasikmalaya, Kamis 2 November 2023.

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah mengatakan, dirinya sempat berdiskusi dengan para pendiri Kota Tasikmalaya dan para tokoh yang membangun kota di daerah lain bahwa harus mulai membuat rencana jika Tol Getaci tuntas dibangun. 

"Kalau tak ada rencana dari sekarang, maka daerah kita akan tertinggal. Makanya kita lakukan diskusi ini. Jangan sampai tol sudah jadi baru kita mikir. Kita harus berfikir sebelum tol jadi. Jangan sampai daerah lain yang mengambil keuntungan dari adanya tol," paparnya.

"Makanya kita harus berfikir kolektif bahwa ketika Tol Getaci usai dibangun, maka harus jadi apa daerah kita ini? atau kita mau ngapain. Kita harus sudah punya konsep itu. Kita harus punya mimpi kolektif," sambungnya.

BACA JUGA:Penghuni Eks Terminal Cilembang Tasikmalaya Harus Segera Kosongkan Bangunan, BPKAD Lakukan Hal ini

Terang Cheka, walaupun mimpi tiap daerah berbeda-beda, namun pemerintah yang terlintasi jalur Tol Getaci harus menyiapkan rencana akan seperti apa nantinya.

"Misal, Kota Tasikmalaya ingin membangun kawasan pergudangan menjadi pusat pengepul bahan pangan di dekat lokasi exit Tol Getaci. Lokasi tanahnya berbatasan dengan daerah lain. Maka kita kolaborasikan dari sekarang. Agar diusulkan untuk persiapan membangun gudang," terangnya.

Mantan Wali Kota Tasikmalaya Periode 2012-2021, Budi Budiman yang turut hadir dalam FGD itu menuturkan, saat dirinya masih memimpin Kota Tasikmalaya jumlah UMKM sudah mencapai 4000 lebih. 

"Harapan kami dengan pertemuan ini sesegera mungkin RTRW diubah menjadi industri dan perdagangan agar siap ketika tol beres. Mangin sudah habis oleh investor. Manfaatkan kebijakan pemerintah di kita agar ada kawasan berikat," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: