Kekurangan Air Bersih Terus Terjadi, 44.671 Jiwa Warga Kabupaten Tasikmalaya Terdampak

Kekurangan Air Bersih Terus Terjadi, 44.671 Jiwa Warga Kabupaten Tasikmalaya Terdampak

Sebanyak 44.671 jiwa warga Kabupaten Tasikmalaya mengalami kekurangan air bersih karena dampak dari kemarau panjang. Istimewa--

Kekurangan Air Bersih Terus Terjadi, 44.671 Jiwa Warga Kabupaten Tasikmalaya Terdampak

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Dampak musim kemarau yang panjang terus dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Tasikmalaya. Hingga saat ini kekurangan air bersih sudah dirasakan oleh 44.671 jiwa warga Kabupaten Tasikmalaya di 58 desa yang tersebar dari 26 kecamatan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Kabid Darlog) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Safa'at mengatakan, setidaknya ada 11.721 Kepala Keluarga (KK) yang masih mengalami kekurangan air bersih akibat musim kemarau yang sudah terjadi selama tiga bulan ini. 

"Itu (11.721 Kepala Keluarga yang mengalami kekurangan air bersih, Red) terjadi di 26 kecamatan dan 26 desa. Mereka saat ini mengajukan bantuan air bersih," katanya kepada radartasik.com, Rabu 18 Oktober 2023.

BACA JUGA:Terjawab, Ini Alasan Megawati Pilih Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Dari 26 kecamatan tersebut, terang dia, setidaknya ada 44.671 jiwa yang terdampak, dan saat ini masih membutuhkan air bersih.

"Saat ini kami setidaknya sudah menyalurkan 336.000 liter air bersih kepada masyarakat yang mengalami kekurangan air bersih," terangnya.

Sebanyak 26 kecamatan yang masih mengalami kekurangan air bersih itu yakni Cipatujah, Bojonggambir, Tanjungjaya, Cisayong, Jamanis, Rajapolah, Parungponteng, Manonjaya, Cineam, Karangjaya, Bojongasih.

Lalu Cikatomas, Karangnunggal, Puspahiyang, Sukaratu, Gununtanjung, Jatiwaras, Ciawi, Sukaraja, Sodonghilr, Bojongasih, Cikalong dan Taraju. 

BACA JUGA:Mengupas Bartholomew Kuma, Sekutu Luffy dari Seven Warlords of the Sea Pemerintah Dunia dalam One Piece

"Yang paling banyak terdampak yakni Kecamatan Karangnunggal dan Cisayong. Di dua kecamatan setidaknya ada 5 desa yang terdampak" bebernya.

Saat ini pihak BPBD pun terus berupaya menyalurkan air bersih dengan fasilitas yanh tersedia. 

"Kita terus berupaya melakukan distribusi batuan air bersih, setiap hari dengan mengoptimalkan armada yang tersedia di BPBD," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: