Invasi Darat Isreal ke Jalur Gaza akan Membuat Timur Tengah Membara

Invasi Darat Isreal ke Jalur Gaza akan Membuat Timur Tengah Membara

Ilustrasi pejuang Hizbullah-Tangkapan Layar X-

Kantor Kepresidenan Prancis juga menekankan sangat penting bagi Iran untuk menahan diri agar ketegangan tidak meluas dan mengatakan: “Kami tahu bahwa senjata Iran diarahkan ke Gaza”.

Amerika Serikat menunjukkan bahwa mereka menganggap serius risiko ini dengan mengumumkan pengiriman kapal induk kedua ke dekat Israel. 

Jika pecah perang kedua di perbatasan utara Israel dengan Lebanon, maka ancaman keterlibatan negara lain dapat terjadi mengingat peningkatan serangan Israel ke Gaza. 

Meskipun Iran mendukung Hamas, tetapi para pejabat mereka membantah terlibat dalam serangan “Badai Al-Aqsa pada 7 Oktober lalu. 

Departemen Luar Negeri AS juga mengaku tidak memiliki bukti keterlibatan Iran dalam serangan Hamas terhadap Israel. 

Perancis kemudian menjelaskan mereka juga tidak memiliki informasi spesifik tentang keterlibatan langsung Teheran dalam serangan Hamas. 

Namun, perlawanan terhadap agresi Israel terhadap penduduk di Jalur Gaza menyatukan Iran, Hizbullah Lebanon, Hamas Palestina, milisi Syiah di Suriah dan Irak, serta Houthi di Yaman, menurut analisa Thierry Covel, seorang peneliti di Institut Hubungan Internasional dan Strategis (IRIS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber