Ini Pesan Khusus Penjabat Wali Kota Tasikmalaya saat Muludan di Masjid Agung

Ini Pesan Khusus Penjabat Wali Kota Tasikmalaya saat Muludan di Masjid Agung

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah saat memberikan sambutan dalam kegiatan Muludan di Masjid Agung, Rabu 4 Oktober 2023. rezza rizaldi / radartasik.com--

Ini Pesan Khusus Penjabat Wali Kota Tasikmalaya saat Muludan di Masjid Agung

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah mengatakan, peringatan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi Wa Sallam (SAW) atau Muludan yang dilaksanakan setiap tahunnya dimaksudkan untuk mengenang kembali kelahiran Nabi Muhammad SAW sebagai pembawa amanah ajaran dan nilai-nilai agama Islam.

Hal itu dikatakan Cheka saat membuka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tingkat Kota Tasikmalaya di Masjid Agung, Rabu 4 Oktober 2023.

"kehadiran Rasulullah Muhammad SAW di muka bumi diibaratkan sebagai cahaya yang menerangi kehidupan manusia dalam menempuh jalan spiritual yang benar untuk menggapai ridha Allah SWT," paparnya. 

BACA JUGA:Pencuri Ini Rela Naik Pohon Panjat Atap Buat Gasak Uang, Ancamannya 7 Tahun Penjara!

"Allah berfirman dalam Quran Surat Al Ahzab ayat 21 yang artinya Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah," sambungnya.

Terang Cheka, Muludan ini juga menjadi momentum strategis guna menggugah kesadaran semua untuk senantiasa menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri teladan yang baik (uswatun hasanah) bagi umat manusia dalam kehidupan sehari-hari. 

"Dengan keteladanan beliau, diharapkan dapat menumbuhkan kepekaan sosial kepada sesama, karena seperti yang kita ketahui angka kemiskinan dan stunting masih cukup tinggi di Kota Tasikmalaya," terangnya.

Berdasarkan data dari BPS, tambah dia, angka kemiskinan di Kota Tasikmalaya berada di angka 12,72 persen dan stunting berdasarkan E-PPGBM berada di angka 12,22 persen.

BACA JUGA:Pemain Ini Sosok Sentral Serangan Persib dalam Formasi 2-3-5, Bukan Marc Klok, Ciro Alves atau Levy Madinda

"Dalam upaya pembangunan, pemerintah telah melaksanakan berbagai program seperti Gerakan Olah Sampah Organik (GOSO), Bageur (janjian berbuat baik), Sejuta Tanaman Pangan Cegah Inflasi Kota Tasikmalaya (Setaman Cinta), Dapur Masyarakat Khusus Anak Stunting (Damaskus)," tambahnya.

Ini, jelas Cheka, merupakan bentuk ikhtiar bersama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta sebagai bentuk aktualisasi dari keteladanan Nabi Muhammad SAW. 

"Kami pemerintah daerah tidak dapat melaksanakan berbagai program pembangunan sendiri, dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi dari seluruh elemen masyarakat," jelasnya.

Cheka berharap, melalui kegiatan Muludan ini dapat menghidupkan semangat swadaya dan gotong royong ditengah masyarakat, yang mampu mempererat rasa kesatuan, kebersamaan, dan persatuan dalam membangun daerah, serta bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas kita dalam beribadah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: