Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Lantik 332 PPPK Guru dan Tenaga Teknis, Titip Pesan Harus Amanah

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Lantik 332 PPPK Guru dan Tenaga Teknis, Titip Pesan Harus Amanah

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah menyerahkan SK kepada salah seorang PPPK yang dilantik, Jumat 1 September 2023. Istimewa--

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Lantik 332 PPPK Guru dan Tenaga Teknis, Titip Pesan Harus Amanah 

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah atas nama Pemerintah Kota Tasikmalaya mengucapkan selamat kepada para Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang telah berhasil melalui serangkaian proses seleksi yang panjang.

Sehingga, kata Cheka, pada hari ini Jumat 1 September 2023, dilantik dan diambil sumpah jabatan fungsional sebagai PPPK Guru dan Tenaga Teknis. 

"Saya berharap saudara dapat menerima karunia, amanah ini dengan penuh rasa syukur dan tanggung jawab. Amanah ini jangan disia-siakan tapi harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," paparnya.

BACA JUGA:Anies Baswedan Bakal Sapa Tasikmalaya, Jalan Sehat dengan 50.000 Pendukung

Terang Cheka, PPPK yang dilantik dan diambil sumpahnya pada hari ini sebanyak 332 orang yang terdiri dari PPPK Jabatan Fungsional Guru sebanyak 324 orang dan Jabatan Fungsional Tenaga Teknis sebanyak 8 orang.

"Kita ketahui bersama bahwa pada tahun 2022 telah dilaksanakan seleksi pengadaan PPPK untuk jabatan fungsional guru oleh panitia seleksi Kementerian Pendidikan Kebudayan Riset dan Teknologi sebagai implementasi program 1 juta guru PPPK secara nasional untuk memenuhi kebutuhan jabatan guru pada setiap satuan pendidikan," terangnya.

PPPK, beber Cheka, merupakan bagian dari ASN yang memiliki kewajiban yang sama dengan PNS. Sebagai PPPK saudara sekalian telah memiliki target kinerja yang harus dicapai selama masa hubungan perjanjian kerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi jabatan masing-masing dan akan dilaksanakan penilaian atau evaluasi kinerja setiap tahunnya.

"Jabatan yang akan diisi oleh saudara sekalian yaitu jabatan fungsional guru dimana peran guru dalam pembangunan dunia pendidikan tentunya sangatlah besar," bebernya.

BACA JUGA:Mantap, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto Terima Penghargaan TPID Berprestasi dari Presiden Joko Widodo

Cheka menambahkan, untuk PPPK Tenaga Teknis yang akan ditempatkan di beberapa perangkat daerah harus mampu menjadi agent of change karena sejatinya PPPK merupakan tenaga profesional yang langsung siap pakai.

"Sebab di era digitalisasi dan gempuran teknologi yang semakin pesat seperti sekarang ini, kita semua di tuntut untuk melek teknologi serta memiliki nilai positif kinerja yang lebih baik dan responsif. Rerlebih PPPK ini banyak diisi oleh fresh graduate," tambahnya.

Jelas Cheka, digitalisasi diyakini menjadi kunci membawa ASN keluar dari rutinitas menuju budaya inovasi, sehingga meningkatnya kepuasan publik.

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan PPPK di masa depan, tukas Cheka, Pemerintah Kota Tasikmalaya telah melaksanakan kerja sama dengan bjb Cabang Tasikmalaya tentang pemanfaatan layanan program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: