Sensus Barang Milik Daerah di Kota Tasikmalaya Dimulai, Ini Pesan Cheka

Sensus Barang Milik Daerah di Kota Tasikmalaya Dimulai, Ini Pesan Cheka

Pj Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah menyerahkan buku panduan dan rompi sensus BMD kepada perwakilan pengurus barang pengguna, Rabu 14 Juni 2023. rezza rizaldi / radartasik.com--

Cheka menambahkan, saat ini untuk proses inventarisir bisa dilakukan para kepala OPD maupun pengurus BMD dengan sangat mudah. 

Karena, BPKAD sudah memilik inovasi Bisma, aplikasi dengan QR Code untuk memonitoring database BMD. Artinya ketika BMD dipasang stiker dengan QR Code, maka muncul data barang tersebut dan dicek dengan aplikasi Bisma atau BMD Barcode Information System Mobile Apps.

BACA JUGA:Teknologi Super Canggih Kereta Api LRT Tidak Pakai Masinis Siap Meluncur! Wow Seperti Apa Ya?

"Tapi permasalahannya kalau datanya enggak ada atau tidak diupdate kira-kira muncul enggak?Maka sangat penting dan krusial sensus BMD ini," tambahnya.

Kepala BPKAD, Asep Gofarullah menuturkan, Bintek ini tujuannya sebagai sosialisasi kepada seluruh kepala OPD dan pengurus BMD untuk menyamakan persepsi terkait sensus BMD dengan aplikasi Bisma.

"Diharapkan, terbangun komitmen kuat serta partisipasi aktif terhadap pelaksanaan sensus untuk meningkatkan kompetensi penggunan BMD dengan menggunakan aplikasi Bisma," harapnya.

Sekadar diketahui, sensus BMD merupakan kegiatan inventarisasi secara khusus dan menyeluruh barang milik daerah yang digunakan atau dikuasai oleh pemerintah daerah melalui pencocokan data yang tersedia dengan kondisi lapangan.

BACA JUGA:Cara Cairkan Uang Tunai Per Bulan dari BP Jamsostek, Jika Kamu Kena PHK

BMD ini bisa berupa peralatan, mesin, kursi, meja, alat elektronik, kendaraan, gedung, tanah dan lain sebagainya yang merupakan milik pemerintah daerah. 

Dengan aplikasi yang dapat diunduh di playstore pengurus BMD cukup menggunakan ponsel android mereka dengan cara men-scan QR Code yang terpasang pada stiker masing-masing BMD. Maka, data BMD tersebut langsung diketahui dalam hitungan detik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: