Teknologi Super Canggih Kereta Api LRT Tidak Pakai Masinis Siap Meluncur! Wow Seperti Apa Ya?

Teknologi Super Canggih Kereta Api LRT Tidak Pakai Masinis Siap Meluncur! Wow Seperti Apa Ya?

Kereta api LRT tanpa masinis dengan teknologi super canggih.-Foto:tangkapanlayar/dok dirjenhubdarat-

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Teknologi Super canggih kereta api LRT tidak pakai masinis siap meluncur di atas rek kereta ai Jabodetabek.

Dibalik super canggih kereta api LRT ternyata ada teknologi canggih yang digunakan.

Kereta api LRT (Light Rail Transit) adalah sistem transportasi perkotaan yang menggunakan rel dan kereta api ringan untuk mengangkut penumpang.

Saat ini, LRT di Indonesia umumnya masih menggunakan kereta api dengan masinis yang mengendalikan operasionalnya.

BACA JUGA:Cara Cairkan Uang Tunai Per Bulan dari BP Jamsostek, Jika Kamu Kena PHK

Namun, kemajuan teknologi otonom telah menarik perhatian dalam sektor transportasi, termasuk kereta api.

Beberapa negara telah mulai menjajaki penggunaan kereta api otonom, termasuk kereta LRT otonom. Beberapa sistem LRT di luar Indonesia telah melakukan uji coba dan implementasi kereta LRT otonom dalam skala terbatas.

Di Indonesia, saat ini rencana untuk menggunakan kereta LRT otonom di Jabodetabek.

Implementasi kereta LRT otonom akan membutuhkan regulasi yang tepat, perencanaan infrastruktur yang baik, serta pengujian dan evaluasi yang komprehensif untuk memastikan keamanan dan kehandalan sistem.

BACA JUGA:Kondisi Cuaca di Tasikmalaya Tak Menentu, Waspadai Penyakit Flu dan Diare

Salah satu teknologi canggih yang diguankan untuk kereta api LRT tanpa masinis ata otonom adalah penggunaan Grade of Automation (GoA) 33 yang mengoperasikan LRT Jabodetabek tanpa masinis tau kereta dapat meluncur di rel tanpa masinis dengan berjalan dan berhenti secara otomatis.

Meskipun per jalannya tidak menggunakan masinis, pengoperasiannya masih menggunakan adanya petugas operasional di dalam kereta untuk penanganan kondisi darurat serta untuk memberikan keamanan kepada penumpang.

Penggunaan teknologi super canggih GoA 3 pada LRT Jabodetabek juga sudh ditetapkan oleh Kementrian Perhubungan melalui Keputusan menteri Pehubungan RI Nomor KP 765 tahun 2017.

Teknologi super canggih GoA 3 terdapat Automatic Train Protection (ATP) yang memiliki fungsi untuk melindungi LRT dari overspeed, juga memberikan jaminan untuk pengereman secara otomatis pada jarak yang sudah diperhitungkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber