Kuatkan Mitigasi Bencana, PGE Karaha Bodas Tasikmalaya Berikan Pelatihan untuk Masyarakat di 5 Desa

Kuatkan Mitigasi Bencana, PGE Karaha Bodas Tasikmalaya Berikan Pelatihan untuk Masyarakat di 5 Desa

Pertamina Geothermal Energy Karaha Bodas saat melaksanakan pelatihan kebencanaan kepada masyarakat di 5 desa, Selasa 13 Juni 2023. istimewa--

BACA JUGA:KEJUTAN, Formasi Persib Musim Depan Berubah, Ini Prediksi Daftar Pemain yang Sering Diturunkan Luis Milla

Kegiatan tersebut, menurut dia, melibatkan masyarakat karena garis terdepan terkait kewaspadaan bencana ini yakni masyarakat. 

Sehingga ada aksi nyata dan sinergi, baik dari masyarakat sekitar, pemerintah daerah dan PGE Karaha Bodas. Maka nanti bakal dijajaki seperti pembentukan Tim Satgas, lantas disiapkan sarana prasarana dan sinergi dengan pemerintah.  

"Yang tercepat adalah masyarakat dulu, nanti bisa nambah skill (kemampuan) dan mungkin nanti berdampak pada perubahan pola hidup," tambahnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Endang Syahrudin menuturkan, pihaknya memberikan pendampingan terkait penetapan kebijakan pengelolaan kebencanaan, lantas merumus pada konsep desa tangguh bencana.

BACA JUGA:Penumpang Pesawat Wajib Tahu, Istilah Asing di Penerbangan Pesawat, Termasuk Rute Perjalanan Tasik-Jakarta

Sebab kebetulan peserta yang dilibatkan merupakan perwakilan masyarakat dari desa-desa di lingkup kawasan Karaha Bodas. 

"Jadi itu yang perlu dipahami. Apa itu desa tangguh bencana. Intinya bagaimana meningkatkan kesiapsiagaan stoke holder yang ada di desa, baik itu kelembagaan, relawan, masyarakat, pemerintah, swasta dan semua kompomen harus ikut partisipasi aktif dalam kewaspadaan kebencaaan," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: