Aksi Heroik Petugas Evakuasi Ibu-ibu TP PKK Terjebak Dalam Lift yang Baru Seminggu Uji Coba

Aksi Heroik Petugas Evakuasi Ibu-ibu TP PKK Terjebak Dalam Lift yang Baru Seminggu Uji Coba

Petugas membuka paksa lift yang macet di Gedung Perpustakaan Kota Banjar menggunakan linggis.-screenshot-

BANJAR, RADARTASIK.COM – Aksi heroik petugas gabungan dari BPBD, Damkar dan PMI bergerak mengevakuasi ibu-ibu TP PKK terjebak dalam lift Gedung Perpustakaan Kota Banjar, Jumat 26 Mei 2023. 

Ibu-ibu yang terjebak dalam lift tersebut terdapat enam orang. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 10.00 WIB, setelah ibu-ibu yang merupakan petugas Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) mengikuti kegiatan sosialisasi Gelar Pelangi 2023 di lantai 4 gedung Perpustakaan Kota Banjar.

Petugas gabungan tiba di lokasi dengan cepat setelah menerima laporan. Terlebih jarak kantor mereka cukup dekat dengan Gedung Perpustakaan Daerah Kota Banjar. 

Aksi menegangkan berlangsung saat membuka pintu lift yang macet. Pintu lift dibuka paksa menggunakan linggis, karena tidak memiliki alat khusus (ekstrikasi).

"Kita bersama 10 anggota dari BPBD, Damkar dan PMI mencoba membuka pintu lift yang macet, karena ada space (celah) kita buka dengan linggis," ucap Kasi Darlog BPBD Kota Banjar Yudi Andiana. 

Dirinya bersama yang lain berusaha membuka, namun kesulitan. Aksi heroik petugas akhirnya masuk ke ruang boks lift melalui jalur pintu darurat.

BACA JUGA:Bunyi Sirine Tanda Air Bersih Datang, Kisah Polisi di Cineam Setiap Hari Bagikan Air Bersih ke Pelosok

Berdasarkan hasil pencermatan sementara saat evakuasi, petugas menemukan lift belum disetting karena masih ada celah antara lantai lift dengan bangunan. 

"Ada space sekitar 20 centimeter antara lantai bangunan dengan lantai lift. Selain itu posisi warning terdapat di dalam boks lift dengan kapasitas maksimal 450 kg," ungkapnya. 

Diakuinya, saat melakukan evakuasi, kondisi lift dan listrik dalam keadaan menyala. Hanya saja AC di dalam lift tidak berfungsi. 

Hal itu itu terlihat dari ibu-ibu yang terjebak di dalam lift berkeringat. 

"AC tidak menyala, karena ibu-ibu yang terjebak setelah pintu berhasil dibuka pada berkeringatan dan ada juga yang eungap (sesak, red)," katanya. 

Menurutnya, proses evakuasi hingga pintu berhasil dibuka sekitar setengah jam lebih dengan bantuan petugas gabungan. Hingga akhirnya ibu-ibu bisa selamat setelah terjebak di dalam lift. 

"Penyebabnya kemungkinan macetnya lift karena malfungsi (sistem proteksi bekerja tidak sesuai mestinya). Bisa akibat bagian teknis mesin lift atau human eror (kelebihan beban)," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: