Siaga Hadapi Bencana, BPBD dan Damkar Kota Tasik Edukasi Karyawan-Karyawati dan Tenant Asia Plaza

Siaga Hadapi Bencana, BPBD dan Damkar Kota Tasik Edukasi Karyawan-Karyawati dan Tenant Asia Plaza

Gladiresik evakuasi korban gempa di dalam pusat perbelanjaan AP yang dilakukan petugas BPBD dan Damkar Kota Tasik, Senin 15 Mei 2023.-Rezza Rizaldi-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Bencana alam maupun bencana non alam, bisa terjadi kapan saja tanpa diprediksi. Tentunya, masyarakat yang beraktivitas di ruang publik harus siaga hadapi bencana baik bencana alam maupun non alam.

Para pengelola ruang publik saat ini harus bisa melakukan pertolongan pertama ketika hadapi bencana yang tak dapat diprediksi. 

Inisiatif inilah yang kini gencar dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tasikmalaya mengedukasi para pengelola ruang publik.

Seperti di Asia Plaza, Senin 15 Maret 2023, para personel BPBD dan Damkar Kota Tasik mengedukasi para karyawan-karyawati sebagai bagian pengelola ruang publik. Termasuk tenant, diedukasi agar siaga hadapi bencana serta memahami langkah yang harus dilakukan ketika terjadi bencana.

BACA JUGA:TERJAWAB, Apakah Bagus Kahfi Gabung Persib Bandung? Ini Penjelasannya…

"Kita lakukan di mall karena ruang publik yang harus terproteksi segala kemungkinannya," ujar Kepala BPBD dan Damkar Kota Tasik, Ucu Anwar.

"Sebab di mall ini dengan luasan sekian hektare harus memenuhi standar proteksi kebencanaan dan kebakaran. Besok (Selasa, 16 Mei 2023) kita akan laksanakan simulasi kebencanaan gempa bumi dan kebakaran," sambungnya.


Kepala BPBD dan Damkar Ucu Anwar saat mengedukasi karyawan-karyawati dan tenant AP soal antisipasi kebencanaan, Senin 15 Mei 2023.-Rezza Rizaldi-radartasik.disway.id

Artinya, terang dia, ketika terjadi gempa bumi mungkin saja terjadi kebakaran. Pihaknya berharap pengelola ruang publik harus betul-betul punya kesiapsiagaan dalam rangka memberikan layanan kepada masyarakat.

"Besok komprehensif dan terintegrasi dengan semua aktivitas di Asia Plaza ini serta melibatkan semua unsur. Kita hari ini lakukan gladiresik aktivitas HKB besok Selasa 16 Maret 2023 simulasi kebencanaan dan kebakaran," terangnya.

BACA JUGA:Masuk Club Syaratnya Mudah! Ini Manfaat Olahraga Sepatu Roda bagi Anak-anak

Secara umum, tambah Ucu, banyak pengelola ruang publik di Kota Tasikmalaya yang belum memahami evakuasi saat terjadi kebencanaan. 

"Maka dilatihkan. Karena ada program di kita KIE. Yaitu Komunikasi, Informasi dan Edukasi. Hari ini kita lakukan edukasi dan sosialisasi kebencanaan di lantai dasar AP melibatkan semua karyawan-karyawai AP dan para tenant di gedung AP," tambahnya.

Pihaknya akan terus upayakan semua gedung yang jadi ruang publik di Kota Tasikmalaya mendapatkan edukasi dan simulasi agar semua siaga hadapi bencana dan siap untuk selamat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: