HATI-HATI! Chat WhatsApp Penipu Catut Nama PJ Wali Kota Tasik, Minta Uang Usai Beri Bantuan ke DKM dan Ponpes

HATI-HATI! Chat WhatsApp Penipu Catut Nama PJ Wali Kota Tasik, Minta Uang Usai Beri Bantuan ke DKM dan Ponpes

HATI-HATI,chat whatsApp penipu catut nama PJ Wali Kota Tasik, Cheka Virgowansyah.-Istimewa-

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Aksi kejahatan melalui pesan atau chat WhatsApp penipu, belakangan ini kerap terjadi. Tak tanggung-tanggung, untuk memuluskan aksinya, pelaku penipuan rata-rata mencatut nama pejabat. 

Seperti di Kota Tasikmalaya, chat whatsApp penipu catut nama PJ Wali Kota Tasik, Cheka Virgowansyah. Pelaku penipuan catut foto bergambar PJ Wali Kota Tasik, Cheka Virgowansyah. 

Kemudian chat whatsapp penipu menyasar ke para pengurus DKM dan Pondok Pesantren (Ponpes) dengan dalih memberi bantuan sosial (bansos). Lalu penipu meminta uang usai beri bantuan ke DKM dan Ponpes

Nomor whatsapp dengan foto bergambar PJ Wali Wota palsu itu, selama ini menghubungi nomor para pengurus DKM dan Ponpes. 

BACA JUGA:Masih Jadi Primadona, Sehari Lebih dari 2.000 Wisatawan Kunjungi Pantai Sindangkerta

Pengurus DKM dan Ponpes merasa aneh dengan isi chat whatsapp, karena selama ini tak mengajukan proposal apapun ke pemerintah daerah. 

"Saya pun aneh. Mulanya kenapa nomor bergambar Pak Wali Kota (Pj Wali Kota Cheka) menghubungi langsung ke para pengurus DKM dan menyebut telah mendapatkan bantuan," ujar Pengurus DKM Nurul Hidayah, Situbeet, Cipari, Kecamatan Mangkubumi, Aris Risnawan kepada wartawan, Selasa 25 April 2023. 

"Lalu, ada nomor lainnya yang mengaku telah mengirim bantuan Rp 25 juta dengan bukti transferan. Emang dilihat mirip asli bukti transfernya," sambungnya.

Aris pun mengaku terus dihubungi nomor tersebut agar mengirimkan uang Rp 10 juta untuk pengembalian yang mengatasnamakan Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah. 

BACA JUGA:Alhamdulillah, Arus Balik Sumedang-Karawang via Tol Cisumdawu Tembus 2 Jam! Ini Jadwal Jalan Tol Cisumdawu

Pihaknya pun mengecek terlebih dahulu bukti transferan yang dikirim nomor whatsapp itu dan ternyata tidak ada uang masuk ke rekening DKM alias palsu.

"Saya pun terus ditelepon oleh nomor whatsapp itu. Saya aneh juga kenapa nomor itu tahu nomor pengurus DKM saya. Terus tahu juga kalau DKM Nurul Hidayah di Situbeet sini alamatnya. Ternyata setelah beredar informasi korbannya banyak yang dihubungi nomor Pj Wali Kota palsu itu. Hati-hati," bebernya. 

Sementara itu, Subkor Komunikasi Pimpinan, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Forkopim) Kota Tasikmalaya, Galuh Wijaya membenarkan adanya chat whatsapp penipu catut nama PJ Wali Kota Tasik Cheka Virgowansyah. 

Pihaknya meminta kepada masyarakat jangan percaya terhadap nomor palsu Pj Wali Kota Tasikmalaya yang mengirim bantuan dan meminta uang pengembalian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: