Menggali Minat dan Bakat Siswa, Disnaker Berikan Pembinaan Bagi Pelajar Praktik Kerja Lapangan

Menggali Minat dan Bakat Siswa, Disnaker Berikan Pembinaan Bagi Pelajar Praktik Kerja Lapangan

Peserta Praktik Kerja Lapangan atau PKL di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Tasikmalaya diberikan pembinaan.-Foto:tangkapanlayar/dokdisnakerkotatasik-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Tasikmalaya melakukan pembinaan untuk sejumlah siswa yang sedang melaksanakan pembinaan bagi pelajar praktik Kerja lapangan atau dikenal PKL.

Salah satu pembinaan yang dilaksanakan adalah menggali minat dan bakat para pelajar tersebut setelah lulus dari sekolah menengah kejuaraan atau SMK.

Kepala Bidang Pelatihan Produktivitas Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi (P3TKT) Kota Tasikmalaya, Dra. Hj. Nining Herlina, M.Si, menyampaikan bila saat ini di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ada 11 orang pelajar dari tiga SMK yang berbeda, yang sedang melaksanakan praktik kerja lapangan atau PKL.

“Pembinaan yang diberikan adalah pertama sosialisasi tentang tugas pokok dan fungsi masing-masing bidang yang ada di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Tasikmalaya, kemudian kita juga menggapai ke depan setelah lulus sekolah dari SMK apa yang akan dilakukan para pelajar ini,” ungkap Nining.

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Jati, Ternyata Salah Satunya Bisa Jadi Alat Penurun Panas

Dari hasil pembinaan, kata Nining, menemukan berbagai banyak cita-cita juga semangat belajar dari para peserta praktik kerja lapangan ini. 

“Dari sebelas orang ternyata tiga orang ingin berwirausaha, satu orang ingin langsung bekerja dan tujuh orang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” tambahnya.

Selanjutnya, para pelajar ini diarahkan agar dapat mempersiapkan a diri sejak dini.

“Setelah nanti lulus, apabila mereka berminat, kami di Disnaker ada pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi mereka."

BACA JUGA:Peluang Kerja di Jepang Terbuka Lebar, Dinas Tenaga Kerja Berikan Pelatihan Bahasa

"Bisa dipilih sesuai bakat dan minat mereka. Yang mau bekerja atau berwirausaha bisa memilih pelatihan apa yang memampang dibutuhkan,” pungkasnya.

Melalui pembinaan ini diharapkan para pelajar dapat mempersiapkan apa yang akan mereka lakukan setelah lulus nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: