Peluang Kerja di Jepang Terbuka Lebar, Dinas Tenaga Kerja Berikan Pelatihan Bahasa

Peluang Kerja di Jepang Terbuka Lebar, Dinas Tenaga Kerja Berikan Pelatihan Bahasa

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Tasikmalaya membuka pelatihan Bahasa Jepang di LPK Embun.-Foto: istimewa-

 

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Saat ini pemerintah Jepang membuka peluang kerja bagi tenaga kerja dari Indonesia. Kepala Bidang Pelatihan Produktivitas Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi (P3TKT) Kota Tasikmalaya, Dra. Hj. Nining Herlina, M.Si, menyampaikan peluang yang ada tidak hanya pemagangan saja tapi juga peluang kerja.

Melalui skema Spesified Skilled Worker (SSW) atau disebut juga sebagai Pekerja Berketerampilan Spesifik atau disebut juga visa Tokutei Ginou. Sehingga perlu adanya bimbingan khusus untuk Bahasa Jepang.

“Karena pentingnya keterampilan bahasa sehingga perlu bimbingan khusus terkait bahasa yang menyeluruh tentang pekerjaan maupun kehidupan sehar-hari, yang salah satunya dapat diukur kemampuannya melalui Japan Foundation Test for Basic Japanesse/JFT Basic.

Hj. Nining juga menjelaskan bila para pencari kerja di usia produktif Kota Tasikmalaya mempunyai keterampilan bahasa Jepang, maka dapat mengikuti peluang kerja tersebit di Jepang. Diawali dengan mengikuti program pemagangan di Jepang.

BACA JUGA:Resmi! Jamaah Haji 7 Daerah di Jabar Gunakan Bandara Kertajati Mulai Tahun 2023 

“Pelatihan Bahasa Jepang dilaksanakan dengan maksud memberikan keterampilan bahasa Jepang kepada warga masyarakat Kota Tasikmalaya agar memiliki keahlian dan keterampilan agar dapat mengikuti program pelatihan Bahasa Jepang,” ungkapnya.

Pelatihan Bahasa Jepang yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Kota Tasikmalaya diikuti oleh 20 orang peserta dengan instruktur dari LPK Embun yang telah bersertifikat instruktur Bahasa Jepang.

“Pelatihan ini bekerjasama dengan LPK Embun yang telah memiliki izin Sending Organization ke Jepang. Dinas Tenaga Kerja hanya menyelenggarakan pelatihan Bahasa Jepang serta ujian bahasa JFT basic N4.

Selanjutnya untuk penempatan pemagangan, peserta berkoordinasi dengan LPK-SO Embun.

BACA JUGA:PT DAM Jalin Kerjasama dengan SMKN 4 Tasikmalaya Terapkan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Honda

Pelaksanaan pelatihan diawali dengan Materi Kompetensi Dasar Umum (MKDU), dilanjutkan dengan pelaksanaan pelatihan bahas Jepang dari tanggal 2 Maret 2023, selama 43 hari di LPK Embun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: peluang kerja di jepang terbuka lebar