Penderita Hipertensi Harus Lakukan Ini, Berikut Penjelasan Dokter dari RS Islam Hj. Siti Muniroh Tasikmalaya

Penderita Hipertensi Harus Lakukan Ini, Berikut Penjelasan Dokter dari RS Islam Hj. Siti Muniroh Tasikmalaya

Dokter Vera Hermania Tisnawati dari RS Hj. Siti Muniroh Tasikmalaya.-Foto: istimewa-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Para penderita hipertensi harus lakukan ini, agar dapat mengontrol kondisi tubuhnya bila sudah menderita hipertensi, seperti yang disampaikan dr. Vera Hermania Trisnawati dari RS Islam Hj. Siti Muniroh Tasikmalaya:

1. Pengendalian gaya hidup

Pengendalian gaya hidup dapat dilakukan dengan cara mempertahankan berat badan agar normal. Mengurangi asupan garam, kurang dari 6 gram garam dapur.

Olahraga aerobik 30 menit/hari, atau bisa lakukan jalan cepat. Konsumsi buah dan sayur. Kurangi konsumsi lemak.

BACA JUGA:Ide Liburan Seru Budget Minim, Bisa Lakukan Camping Seru di Tepi Pantai Madasari

2. Memeriksakan diri ke dokter

Bila telah memeriksakan diri ke dokter, jangan lupa untuk minum obat secara teratur. Bila obat habis lakukan kontrol ulang.

3. Lakukan Diet Hipertensi

Diet hipertensi dapat dilakukan oleh pasien dengan tekanan darah di atas normal. Tujuan diet hipertensi untuk menurunkan tekanan darah, membantu menghilangkan penimbunan cairan dalam tubuh atau endemis atau bengkak. Syarat diet hipertensi adalah makanan beraneka ragam mengikuti pola gizi seimbang, jenis dan komposisi makanan disesuaikan dengan kondisi penderita, jumlah gram disesuaikan dengan berat badan ringannya penyakit dan obat yang diberikan.

BACA JUGA:PSS SLEMAN Dapat Pelajaran dari Persebaya, Seto Nurdiantoro Komentari Ze Valente Berkembang di Bajul Ijo

4. Lakukan Pengaturan Makanan

Bahan makan yang dianjurkan bagi penderita hipertensi adalah makanan yang segar sumber hidrat arang, protein nabati dan hewani, sayuran dan buah-bahan yang banyak mengandung serat.

Makanan yang diolah tanpa atau sedikit menggunakan garam natrium, vetsin dan kaldu bubuk. Sumber protein hewani penggunaan daging/ayam/iakan paling banyak 100 gram/hari. Telur ayam/bebek 1 butir/hari. Susu segar 200 mili liter per hari.

Bahan makanan yang dibatasi pemakaian garam dapur, penggunaan bahan makanan yang mengandung natrium seperti soda kue. Bahan makanan yang harus dihindari seperti:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: