TARGET BARU, Tol Cisumdawu Difungsikan Sebelum Bulan Puasa

TARGET BARU, Tol Cisumdawu Difungsikan Sebelum Bulan Puasa

Tol Cisumdawu difungsikan sebelum Bulan Puasa.--Foto: Binamarga PUPR--

BACA JUGA: HARAP TENANG, Jika Barang Tertinggal di KA dan Stasiun, Apa yang Harus Dilakukan Penumpang

Sedangkan Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km telah beroperasi sejak Januari 2022.

Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km telah beroperasi sekaligus mendukung kelancaran lalu lintas kendaraan selama Nataru 2022/2023.

Dia berharap setelah terhubungnya Jalan Tol Cisumdawu akan memberikan peran penting sebagai konektivitas pendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, Tol Cisumdawu membuka banyak peluang usaha baru di wilayah Jawa Barat, khususnya konektivitas dari Bandung menuju ke Bandara Kertajati.

BACA JUGA: Satpol PP dan Aliansi Ormas Islam Gerebek Gudang Miras di Jalan BKR Kota Tasik, Ratusan Botol Dimusnahkan

Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp 5,5 triliun.

Dari keenam seksi, Seksi 1 dan 2 dikerjakan pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut.

Sementara Seksi 3-6 dikerjakan Badan Usaha Jalan Tol PT CKJT (PT Citra Karya Jabar Tol).

Untuk Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km telah beroperasi dengan kontraktor pelaksana PT Girder Indonesia.

BACA JUGA: PSS SLEMAN Dapat Pelajaran dari Persebaya, Seto Nurdiantoro Komentari Ze Valente Berkembang di Bajul Ijo

Untuk Seksi 4A dan 4B Cimalaka-Legok sepanjang 8,2 km, progres konstruksi telah mencapai 91% dan 94,8% dengan PT Wijaya Karya serta PT Brantas Abipraya selaku kontraktor pelaksana.

Kemudian Seksi 5A dan 5B Legok-Ujung Jaya sepanjang 14,9 km. Konstruksi dilaksanakan oleh PT Adhi Karya dan PT Girder Indonesia dengan progres 81,76% dan 84,36%.

Terakhir, Seksi 6A dan 6B Ujung Jaya-Dawuan sepanjang 6,065 km. Konstruksi jalan tol telah selesai dilaksanakan oleh PT Girder Indonesia dan PT Brantas Abipraya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: