Komponen Keselamatan di Terowongan Kembar Terpanjang di Indonesia, Rute Darurat Keluar Twin Tunnel

Komponen Keselamatan di Terowongan Kembar Terpanjang di Indonesia, Rute Darurat Keluar Twin Tunnel

Kenali komponen keselamatan di terowongan kembar terpanjang di Indonesia. Ada rute darurat keluar Twin Tunnel Tol Cisumdawu.-BPJT-

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Di Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) terdapat terowongan kembar terpanjang di Indonesia.

Panjang Twin Tunnel Tol Cisumdawu mencapai 472 meter. Tol Cisumdawu menghubungkan Tol Padaleunyi dengan Tol Cipali.

Sebagai terowongan kembar terpanjang di Indonesia, Twin Tunnel Tol Cisumdawu tentu dilengkapi beragam komponen keselamatan yang berfungsi untuk menolong dan membantu pengendara saat keadaan darurat seperti gempa bumi dan kebakaran.

Dikutip dari laman BPJT, komponen keselamatan di terowongan kembar terdiri dari generator darurat yang merupakan sistem generator cadangan beroperasi saat jaringan listrik gagal mengirimkan listrik.

BACA JUGA: Kawasaki KLX 150 Model 2025 Dipamerkan, Simak Bocoran Spesifikasi dan Harga Motor Supermoto Terbaru

BACA JUGA: Fokus Jalankan Praktik Bisnis Berkelanjutan, BRI Masuk Dalam Daftar CNBC Indonesia Green Business Ratings 2024

Generator darurat dapat beroperasi dengan bensin, solar, gas alam atau propana. Generator ini beroperasi bila daya normal gagal, dengan menonaktifkan daya normal dan mengoperasikan sistem darurat dengan beban darurat listrik yang dipilih.

Komponen keselamatan selanjutnya adalah jalur evakuasi yang dapat digunakan saat situasi darurat. Tersedia rute darurat keluar twin tunnel pada jalur evakuasi.

Pengguna harus mengikuti petunjuk rute darurat menggunakan lampu penunjuk untuk diarahkan ke muka terowongan melalui sisi kanan dan kiri badan jalan.

Kemudian sistem pemadam kebakaran. Sistem ini terdiri dari elemen-elemen pendeteksi kebakaran seperti alat pemadam dan perlengkapan monitoring kebakaran di terowongan. Itu sudah termasuk alarm dan perlengkapan pemadam kebakaran manual beserta petunjuknya.

BACA JUGA: Berburu Diskon Tiket Kereta untuk Liburan Sekolah! Cek Jadwal dan Lokasi di Bandung dan Jakarta

BACA JUGA: Cara Membersihkan Kulit Sapi yang Benar? Berikut Panduan Lengkap yang Bisa Diterapkan di Rumah

Peralatan tersebut telah disediakan di dalam terowongan kembar dan dapat digunakan. Sedangkan peralatan berskala besar dan alat pelindung diri disediakan untuk petugas pemadam kebakaran.

Komponen selanjutnya adalah alarm telepon yang tersedia di dalam terowongan dan dapat digunakan pada interkom suara dua arah, rekaman, panggilan tunggal, panggilan kelompok, panggilan siaran, siaran satu arah, siaran waktu, siaran reservasi dan penerusan panggilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: