Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Sebagai Strategi Belajar untuk Anak di Sekolah Dasar

Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Sebagai Strategi Belajar untuk Anak di Sekolah Dasar

Penulis : Lilis Mulyatul Halimah, Mahasiswi Pascasarjana UPI Kampus Tasikmalaya-Foto:istimewa/doklilis-

BACA JUGA:CNG Gantikan BBM, Konverter Kit Gratis, Baca Aturan Pemanfaatan CNG Lengkapnya di Sini

1.Diferensiasi Konten

Diferensiiasi konten berkenaan dengan apa yang diajarkan oleh guru kepada peserta didik dengan mempertimbangkan hasil dari pemetaan kebutuhan belajar peserta didik yang dilihat dari berbagai aspek seperti kesiapan belajar, minat peserta didik, serta profil belajar peserta didik maupun hasil dari kombinasi ketiganya.

2.Diferensiasi Proses

Berdasarkan dengan kegiatan belajar dan mengajar yang dilakukan oleh guru untuk memahami karakter pembelajaran apakah menggunakan metode belajar secara maandiri maupun belaajar secara berkelompok.

BACA JUGA:Kontingen Penyuluh Agama Kota Tasik Raih Prestasi di Jabar

3.Diferensiasi Produk

Dalam diferensiasi produk berkenaan dengan apa yang hendak dihasilkan dari peserta didik.

Dalam hal ini berbentuk produk yang dibuat oleh peserta didik, bisa berupa tulisan, presentasi, hasil tes, pidato, maupun produk lain yang berkaitan dengan pembelajaran yang berlangsung.

Selain itu, dalam penerapan proses pembelajaran berdiferensiasi akan memicu peserta didik untuk bersikap aktif di kelas karena guru sama sekali tidak memberikan batasan bahan dasar pembelajaran, proses hinga produk yang akan dihasilkan oleh tiap peserta didiknya.

BACA JUGA:PT Sugarindo buka lowongan kerja terbaru untuk posisi Staff QC RnD dan Admin Produksi, Ini Kualifikasinya

Dalam proses pembelajaran di kelas akan membuat peserta didik semakin giat dalam belajar di kelas, karena mereka mengalami sekaligus terjun langsung terhadap proses pembelajaran yang sedang mereka pelajari.

Namun, dibalik kebebasan peserta didik, guru juga tetap harus melakukan kontrol dan memberikan tugas melalui lembar kerja yang sama pada tiap peserta didiknya dalam kelas.

Penulis: Lilis Mulyatul Halimah, Mahasiswi Pasca Sarjana UPI Kampus Tasikmalaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: