Keren, CNG Lebih Irit Dibanding BBM, Cek Fakta Bahan Bakar Baru Lebih Murah

Keren, CNG Lebih Irit Dibanding BBM, Cek Fakta Bahan Bakar Baru Lebih Murah

Keren, CNG lebih irit dibanding BBM, cek fakta bahan bakar baru lebih murah. CNG pengganti BBM.-PGN-

BACA JUGA: Aturan Baru BBM, Ada 3 Jenis BBM Dilarang Dijual, Harga Bahan Bakar Baru Pengganti Pertalite Murah Banget

Fakta CNG Pengganti BBM

Dikutip dari Disway.id, CNG diartikan sebagai bahan bakar gas yang dibuat dengan melalui kompresi metana (CH4) yang diekstrak dari gas alam atau disebut juga dengan Compressed Natural Gas.

Dapat dipastikan CNG sebagai pengganti BBM bensin Rp 3 ribuan ini lebih murah plus irit sebagai bahan bakar minyak.

Pertamina mengungkap CNG lebih efisien dan punya peforma tidak kalah dari bensin.

BACA JUGA: Pengganti Pertalite Murah Banget, Hanya Rp 3 Ribu Per Liter, Bahan Bakar Baru CNG Setara Pertamax Turbo RON 98

Dilansir dari laman Radarkaur, direktur Utama PGN (Perusahaan Gas Negara) M Haryo Yunianto mengungkap penggunaan CNG sebagai pengganti BBM bensin lebih irit 55 persen dibanding ertalite.

Jika CNG diaplikasikan juga hanya perlu menambahkan tabung CNG berukuran 14 x 53 cm sehingga tidak mengganggu kenyamanan dalam berkendara untuk digunakan pada sepeda motor.

Lebih lanjut, Haryo menuturkan bahwa selain harga CNG lebih murah dari bensin, CNG juga memiliki performa lebih baik dari Pertalite karena dari bahan baku metana yang bersih dan beroktan tinggi.

Dengan tingkat oktan tinggi tentunya akan dapat menghasilkan pembakaran yang sempurna sehingga CNG tak hanya memberikan performa yang baik namun juga menghasilkan emisi gas buang yang ramah lingkungan.

BACA JUGA: Bahan Bakar Baru Pengganti Pertalite, CNG Setara Pertamax Turbo, Harga CNG Lebih Murah

M Haryo Yunianto, perhitungan yang dilakukan Pertamina, dalam penggunaan BBM Pertalite 4 liter per hari, jika di konversi ke CNG maka subsidi BBM setara 125 ribu kilo liter per tahun atau lebih pengganti bensin lebih irit 55 persen.

Tentunya safety menjadi salah satu aspek penting, menurut Haryo tingkat keamanan atau safety CNG terbilang sangat baik aman karena memiliki tekanan 200 bar, dengan tangki yang lebih besar ketimbang LGV dan terbuat dari material baja.

CNG sendiri juga telah digunakan di berbagai negara sebelumnya, terutama untuk transportasi umum. CNG Bisa Digunakan di Kapal Nelayan, sedangkan di Indonesia, CNG telah digunakan untuk angkutan umum, antara lain bus Transjakarta, mobil dan bajaj serta sepeda motor.

Selain di Indonesia CNG digunakan di daerah-daerah yang memiliki sumber gas bumi sehingga saat ini tak mengherankan kalau SPBG CNG masih terbatas jumlahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id