Bahan Bakar Baru Pengganti Pertalite, CNG Setara Pertamax Turbo, Harga CNG Lebih Murah

Bahan Bakar Baru Pengganti Pertalite, CNG Setara Pertamax Turbo, Harga CNG Lebih Murah

Kualitas CNG setara Pertamax Turbo RON 98. Namun harga bakar baru hanya Rp 3 ribuan. Foto: Pertamina--

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Bahan bakar baru pengganti Pertalite ternyata mempunyai sejumlah keunggulan.

Dari sisi kualitas CNG setara Pertamax Turbo RON 98. Sedangkan dari sisi harga CNG lebih murah. Hanya 3 ribuan rupiah.

Informasi terkait kualitas CNG setara Pertamax Turbo RON 98 terungkap dari penjelasan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Penggunaan bahan bakar baru pengganti Pertalite sendiri sejalan dengan rencana pembatasan penggunaan BBM bersubsidi.

BACA JUGA: Cling! Kualitas CNG Setara Pertamax Turbo RON 98, Harga Bahan Bakar Baru Pengganti Pertalite Hanya Rp 3 Ribuan

Saat ini BBM bersubsidi ada tiga jenis. Pertama Premium atau RON 88. Kedua Pertalite atau RON 90. Ketiga Solar.

Penggunaan CNG ini sendiri telah dimulai oleh Pertamina dengan melakukan berbagai pengujian, baik untuk sepeda motor, mobil hingga perahu nelayan.

CNG mirip dengan LGV yang telah terlebih dahulu digunakan, dengan kualitas yang sama. Hanya saja CNG mempunyai tekanan yang jauh lebih tinggi dari LGV.

Kualitas pembakaran LGV setara dengan RON 98 dan ramah lingkungan namun mempunyai tekanannya berkisar antara 8-12 bar sedangkan CNG mempunyai tekanan mencapai 200 bar.

BACA JUGA: Perkenalkan, CNG Pengganti BBM, Punya 6 Keunggulan Dibanding Pertalite dan Solar, Penasaran? Cek di Sini

Tentunya penggunaan kualitas CNG pengganti Pertalite setara Pertamax Turbo tersebut membutuhkan penanganan yang lebih baik agar memiiliki keamanan yang dalam pengaplikasiannya di kendaraan.

Untuk itu, Pertamina telah menyiapkan tangki CNG pengganti Pertalite setara Pertamax Turbo harganya 3 ribuan rupiah yang terbuat dari baja.

Dalam pengaplikasian untuk sepeda motor, pihak Pertamina akan menggunakan tabung CNG 14 x 53 cm sehingga dapat di tempatkan dengan mudah di sepeda motor tanpa mengurangi kenyamanan dalam berkendara.

Sejauh ini CNG yang merupakan bahan bakar gas yang dibuat dengan melakukan kompresi metana (CH4) yang diekstrak dari gas alam ini telah dignakan oleh beberapa negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: