Pengganti Pertalite Lebih Irit, Sekali Pengisian Full Tank CNG Bisa untuk 100 KM

Pengganti Pertalite Lebih Irit, Sekali Pengisian Full Tank CNG Bisa untuk 100 KM

Harga BBM resmi naik lagi, cek harga Pertalite dan Pertamax 19 Desember 2022.-Ilustrasi Rezza Rizaldi/Radartasik.com-

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Pantai di Jawa Barat Versi Smiling West Java, Salah Satunya Batu Karas Pangandaran

Sama halnya dengan CNG untuk sepeda motor, CNG untuk kapal nelayan berkomposisi metana beroktan tinggi sehingga memberi manfaat performa mesin yang baik dan ramah lingkungan. 

Selain itu, memberi potensi penghematan bahan bakar hingga 30 persen setara Rp 7,2 juta per tahun (konsumsi 10 liter BBM solar per hari).

”Kebutuhan pasokan gas untuk BBG transportasi kurang lebih 40 BBTUD di tahun 2027. Sedangkan penggunaannya, diperkirakan meningkat hingga 410 juta LSP. Dampak lanjutannya, akan menghemat APBN untuk mengurangi BBM subsidi hingga Rp 1,25 T per tahun dengan asumsi subsidi BBM sebesar 3000 rupiah per liter,” ungkap Haryo.

Dalam mendukung program Pertalite diganti CNG tersebut, pihak Pertamina akan pemanfaatan SPBG milik Pertamina yang dibangun menggunakan dana mandiri dan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

BACA JUGA: PT Teodore Buka Lowongan Kerja Terbaru untuk Posisi Staff Perawat, Ini Kualifikasi Lengkapnya

Saat ini terdapat 35 SPBG (Stasiun Pengisian Bahan bakar Gas) untuk direaktivasi secara bertahap dan terdapat juga 3 unit di Semarang yang telah direvitalisasi.

Menurut dia, kenaikan harga minyak dunia dan BBM dalam negeri menjadi momentum yang tepat untuk optimalisasi gas bumi. 

Hal ini juga untuk meningkatkan kinerja bisnis SPBG, akselerasi gas bumi sebagai BBG (bahan bakar gas) oleh PGN akan memberi dampak penghematan bagi masyarakat, subsidi energi dan devisa negara.

Lalu apa yang dimaksud CNG? Compressed Natural Gas (CNG) merupakan bahan bakar gas yang dibuat dengan melakukan kompresi metana (CH4) yang diekstrak dari gas alam.

BACA JUGA: Harga BBM Naik Lagi, Aturan Baru BBM 1 Januari 2023 BBM yang Dilarang Dijual, Ini Harga BBM Pertamina 34 Provi

CNG disimpan dan didistribusikan dalam bejana tekan, biasanya berbentuk silinder. CNG memiliki tekanan 200 bar, dengan tangki yang lebih besar ketimbang LGV.

CNG telah digunakan di berbagai negara, terutama untuk transportasi umum. Di Indonesia, angkutan umum yang telah menggunakan CNG antara lain bus Transjakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id