Hore..., Pendaftaran ASN 2023 Akan Dibuka, Siapkan Syarat Pendaftaran

Hore..., Pendaftaran ASN 2023 Akan Dibuka, Siapkan Syarat Pendaftaran

Selamat! Diusulkan honorer diangkat tanpa tes lagi asal lulus passing grade tahun ini.--

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Pendaftaran ASN 2023 akan dibuka oleh pemerintah pusat maupun daerah.

Hal itu terungkap dalam laman resmi Kemen-PAN RB. Dalam laman itu disebutkan, memasuki akhir tahun 2022, pemerintah mulai merancang pengadaan ASN di lingkungan instansi pemerintah tahun 2023.

Namun, belum diketahui apakah ASN (aparatur sipil negara) yang dimaksud termasuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau hanya pegawai dengan perjanjian kerja (PPPK).

Hanya saja, dalam penjelasan yang dirilis Humas Kemen-PAN RB disebutkan bahwa pendaftaran salah satunya untuk tenaga guru dan tenaga kesehatan (nakes).

BACA JUGA: Tidak Diangkat PNS, Kelompok Honorer Dialihkan Menjadi Outsourcing, Gajinya Sesuai UMP

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan pemerintah akan melanjutkan target pemenuhan kebutuhan guru dan tenaga kesehatan secara nasional melalui pengadaan ASN tahun 2023.

”Pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas, dan kita bahas hari ini bersama Pak Nadiem Makarim dan Pak Budi Gunadi Sadikin,” katanya.

”Tentu sektor lain juga kita siapkan formasinya,” tambah dia dalam acara Rapat Koordinasi Rencana Pengadaan ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah Tahun 2023, di Jakarta, Rabu 30 November 2022.

Rakor tersebut turut dihadiri Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Mendikbudristek Nadiem Makarim. ”Kami berterima kasih kepada Pak Menkes dan Pak Mendikbud karena komitmennya tinggi untuk memperbaiki data dan menyelesaikan masalah prioritas di bidang kesehatan dan guru,” ujarnya.

BACA JUGA: Honorer Diangkat PPPK 2023, Pemerintah Siapkan Formasinya, Ini Pesan Presiden Jokowi kepada Guru

”Tentu ini membutuhkan kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah," imbuh mantan Bupati Banyuwangi tersebut.

Dikutip dari disway.id, Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan, dan Pengadaan Sumber Daya Manusia Aparatur (Kemen-PAN-RB) Aba Subagja mengungkap soal CPNS 2023.

”Perekrutan CPNS, insya Allah tahun depan (2023), kami juga akan mengalokasikan dan berencana untuk merekrut jabatan ASN tertentu yang memang akan sangat dibutuhkan,” ungkap Subagja, dilansir dari siaran Youtube Apkasi pada 5 Desember 2022.

Meskipun belum jelas waktu pendaftaran ASN 2023, namun peminta CPNS dan PPPK tentu harus siapkan syarat pendaftaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id