Pesan Wali Kota Tasik, Mulai RT Hingga Camat Harus Peka dengan Kondisi Warga Sekitar

Pesan Wali Kota Tasik, Mulai RT Hingga Camat Harus Peka dengan Kondisi Warga Sekitar

Wali Kota Tasikmalaya, H Muhammad Yusuf saat mendistribusikan bantuan paket sembako di Kecamatan Kawalu, Selasa kemarin 25 Oktober 2022. - Rezza Rizaldi-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COMWali Kota Tasikmalaya, H Muhammad Yusuf mengajak semua pihak, khususnya mulai RT hingga camat, untuk berempati terhadap sesama khususnya masyarakat kurang mampu.

Menurutya, sedikit bantuan berupa sembako setidaknya bisa meringankan beban bagi mereka. 

Terlebih situasi pandemi covid-19 andil paling besar dalam mengguncang perekonomian masyarakat hingga perekonomian global.

"Kami pun di pemerintah meski dengan keterbatasan anggaran, terus berupaya dan alhamdulillah beberapa program sosial khusus dari daerah bisa terus direalisasikan, salah satunya pendistribusian sembako semacam ini," ujarnya di sela penyerahan sembako bagi masyarakat kurang mampu di Kecamatan Kawalu, Selasa kemarin 25 Oktober 2022.  

BACA JUGA:Rangkaian Hari Jadi Kota Tasikmalaya, Wali Kota Ajak Masyarakat Meriahkan Even di Jalan Pedestrian Cihideung

BACA JUGA:Yuk Siapkan Lamaran, Bank Indonesia Buka Lowongan Kerja dengan Status PKWT, Ini Posisi dan Syaratnya

Yusuf meminta lurah, camat, RT/RW proaktif ketika mendapati laporan warganya kesulitan. Ketika tidak bisa menemukan solusi yang konkret dalam membantu warga, bisa berkoordinasi dengan dinas-dinas teknis.

"Kita siapkan Bantuan Tidak Terduga (BTT) di APBD Perubahan ini, sejalan kewajiban pemerintah menyiapkan dana penyerta dari alokasi daerah, dikala pusat menggulirkan sejumlah program untuk mengcover kondisi publik. Nah itu, kita akan salurkan bertahap bagi warga yang membutuhkan dan tidak terdaftar di program bantuan pusat," terangnya. 

Tidak hanya masyarakat kurang mampu saja, warga yang belum tercover program bantuan pusat, namun terdampak imbas inflasi dan pencabutan subsidi BBM juga menjadi tanggungan daerah. 

Untuk itu, dirinya menekankan kepada masyarakat berpenghasilan mencukupi untuk bisa saling berempati terhadap warganya di sekitar.

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Hadir di MPP Kota Tasik, Memberikan Kemudahan Pelayanan untuk Masyarakat

BACA JUGA:Pengaspalan Jalan Desa Cikadongdong Tasikmalaya Sudah Mencapai 55 Persen, Ini Pesan Dansatgas TMMD Ke-115 

"Karena pemerintah juga terbatas, maka para agnia atau warga mampu juga kita harap ambil peran untuk andil membantu warga minimal di lingkungannya masing-masing," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: