9 Makanan yang Dapat Dikonsumsi untuk Menghilangkan Stres Akibat Bekerja, Diantaranya Buah Jeruk dan Alpukat

9 Makanan yang Dapat Dikonsumsi untuk Menghilangkan Stres Akibat Bekerja, Diantaranya Buah Jeruk dan Alpukat

Ilustrasi makanan yang dapat meningkatkan kadar serotonin untuk menghilangkan stres.-Foto:tangkapanlayar/fin.co.id-

RADARTASIK.COM - Beban aktivitas kerja sehari-hari biasanya membuat orang mengalami stres. Tak jarang pula yang mencoba menghilangkan stres usai bekerja di kantor dengan cara berkumpul dan menikmati hidangan ringan, seperti di restoran dan cafe. 

Namun demikian, jarang pula yang tahu harus konsumsi apa untuk menurunkan dan menghilangkan stres. Tekanan akibat pekerjaan tentunya perlu diatasi segera.

Tapi bila mengkonsumsi makanan yang tidak tepat, justru bisa berakibat tidak baik bagi tubuh. Ternyata, terdapat sejumlah makanan sehat yang bisa dilahap sesuka hati saat ngemil untuk membantu menghilangkan stres.

Beberapa makanan yang mengandung nutrisi baik dan terbukti mampu memberikan dorongan energi hingga menurunkan kadar hormon stres kortisol.

BACA JUGA:Produksi Obat Sirup Berbahaya hingga Sebabkan Gagal Ginjal Akut pada Anak, 2 Perusahaan Farmasi Bakal Dipidana

Bahkan, bisa meningkatkan kadar hormon “bahagia” atau mood baik seperti serotonin.

Berikut makanan yang bisa menurunkan hingga menghilangkan stres dilansir dari fin.co.id dan hellosehat.com:

1. Berry

Berry merupakan buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Kandungan antosianin pada blueberry dan stroberi khususnya bermanfaat menajamkan kognitif otak sekaligus dapat melindungi jantung. 

BACA JUGA:Destinasi Wisata Sehat di Kota Bandung, Bisa Jogging Sambil Healing

Buah berry juga terbukti dapat mengurangi peradangan, mencegah kolesterol darah teroksidasi, dan membantu menjaga kesehatan pembuluh darah.

Tapi semua buah-buahan keluarga berry (termasuk raspberry, blackberry, hingga bahkan tomat, pisang, dan semangka) mengandung tinggi vitamin C yang mampu melawan stres. 

Anda bisa menjadikan buah berry sarapan di pagi hari dengan cara menambahkannya pada yogurt, sereal, atau bubur oatmeal.

Buah-buahan ini juga mengandung banyak serat (sekitar 8 gram serat per 100 gram buah berry) dengan kalori yang terbilang rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: