Petani Gembira, Harga Buah Kelapa di Kabupaten Pangandaran Mahal

Petani Gembira, Harga Buah Kelapa di Kabupaten Pangandaran Mahal

Harga buah kelapa di Kabupaten Pangandaran saat ini sedang mahal. deni nurdiansyah / radar tasikmalaya--

Petani Gembira, Harga Buah Kelapa di Kabupaten Pangandaran Mahal

PANGANDARAN, RADARTASIK.COM - Harga kelapa di Kabupaten Pangandaran saat ini sedang mahal. Para petani mengaku gembira, karena sebelumnya harga kelapa sangat murah.

Menurut salah seorang pengepul kelapa di Kecamatan Parigi, Dahman, harga kelapa saat ini menyentuh Rp 2,3 ribu per butir.  

"Makanya sekarang ini para petani buru-buru menjual buahnya," katanya kepada Radar Tasikmalaya, kemarin Senin 15 Januari 2024.

BACA JUGA:Rumah Warga Kabupaten Tasikmalaya Rusak Tertimpa Pohon saat Diguyur Hujan Deras

Dahman menerangkan, sebelumnya harga kelapa di Pangandaran hanya Rp 1,5 ribu per butirnya. "Bahkan beberapa bulan lalu menyentuh Rp 1 ribu per butirnya," terangnya.

Dia menambahkan, kenaikan harga tersebut disebabkan menurunnya pasokan buah kelapa dari luar daerah. "Karena faktor terbesarnya kenapa harga kelapa itu murah ya karena banjir barang," tambahnya.

Sama halnya seperti komoditas beras yang harganya sedang gila-gilaan. "Cuman kalau kelapa ini kan gak perlu ditanam lagi, kalau dipanenpun akan berbuah lagi," jelasnya.

Dia menandaskan, beberapa bandar kelapa sempat ogah-ogahan menerima buah kelapa dari petani. "Karena harganya murah, ya untungnya kecil," tandasnya.

BACA JUGA:4 Fitur Suzuki Grand Vitara Tetap Nyaman dan Aman di Musim Hujan

Salah seorang Petani Kelapa, Sodikin menuturkan, beberapa bandar mau menerima barang dengan harga yang variatif. "Ada yang Rp 2 ribu, Rp 2,5 ribu ada juga yang Rp 2,7 ribu," tuturnya.

Ia berharap harga kelapa bisa stabil di harga Rp 2 ribu lebih. "Ya mudah-mudahan bisa menyentuh di harga Rp 3 ribu per butirnya," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: