Sudah 2 Tahun Pemprov Jabar Pakai Kendaraan Listrik, Ridwan Kamil Dorong Kepala Daerah Segera Respons

Sudah 2 Tahun Pemprov Jabar Pakai Kendaraan Listrik, Ridwan Kamil Dorong Kepala Daerah Segera Respons

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat menggunakan mobil dinas listriknya, pada Jum'at (16/9/2022). -Sandi Nugraha-Jabar Ekspres

BANDUNG, RADARTASIK.COM – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendorong seluruh kepala daerah di 27 Kota dan Kabupaten segera merespons Instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal kendaraan operasional dinas menggunakan kendaraan listrik.

"Tadi saya sudah mendukung, artinya saya akan perkuat dengan surat saya kepada kepala daerah (Bupati Wali kota) untuk melaksanakan perintah tersebut," ungkap dia saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat 16 September 2022 dikutip dari radarjabar.

Pernyataan Kang Emil --sapaan karib Ridwal Kamil--, sekaligus mendukung Instruksi Presiden (Inpres) yang dikeluarkan tanggal 13 September 2022.

Melalui Inpres No 7 tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Teken Perubahan KUA dan PPAS Anggaran 2022, Ini Fokusnya

BACA JUGA:Ridwan Kamil Luncurkan Tryout CASN Juara Sarana Pembelajaran untuk Seleksi Calon ASN

Emil menganggap, sudah seharusnya cara pandang masyarakat terhadap kecanggihan teknologi mulai diterapkan.

"Meski ada atau tidak adanya kenaikan harga BBM, dunia ini memang harus sudah mulai bergeser cara pandang kita terhadap bagaimana kita bergerak menggunakan mesin-mesin berbasis listrik," kata dia.

Tak hanya itu, Gubernur yang saat ini merupakan ketua daerah-daerah penghasil Migas dan Energi Baru Terbarukan (EBT) mengaku, hadirnya Inpres tersebut dapat menjadi solusi utama untuk peralihan terhadap pengguna kendaran listrik khususnya untuk mobil dinas.

"Jawa Barat sudah duluan, sudah dua tahun pakai mobil itu (listrik). Jadi saya imbau dengan kekuatan keputusan Pak Presiden itu lebih membuat ini luar biasa. Karena pemimpin harus memberikan contoh," ulasnya.

BACA JUGA:Survei Poltracking: Capres Ridwan Kamil Ungguli Erick Thohir dan Puan Maharani

BACA JUGA:Rumah Belajar Batik Tasikmalaya Diresmikan Atalia Praratya Ridwan Kamil, Ini Tujuan Pendiriannya…

Menurutnya, ada dua cara untuk mengajak masyarakat beralih menggunakan kendaraan listrik, meskipun untuk ketersediaan unit masih menjadi kendala.

"Membeli baru atau mengubah yang lama. Jadi yang lama itu bisa diubah, mesinnya dikerok kemudian ada bengkel khusus yang menginstal, casingnya motor lama tapi dalamannya listrik, itu bisa dilakukan," ucap gubernur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: